Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tugas Data Scientist Terupdate 2022

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e4113983956e105e08d3885c4d62a67_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digitalisasi ini profesi yang dibutuhkan semakin bermacam-macam, salah satunya adalah pekerjaan dalam bidang data. Beberapa diantaranya adalah data scientist, data analyst, data engineer, dll. Bagi seseorang yang ingin terjun dalam dunia data, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu tugas data scientist atau tugas praktisi data lainnya. Dengan memahami tugas dan tanggung jawabnya, maka semakin memudahkan orang tersebut ketika akan mempersiapkan diri menjadi praktisi data profesional.


Data scientist adalah salah satu profesi terseksi di abad ini. Data scientist merupakan sosok yang ada di balik layar perkembangan teknologi yang sedang kita terapkan sampai detik ini. Profesi ini mengandalkan skill analisis data yang mana hal itu sangat penting dalam era big data ini. Dengan demikian, tidak heran jika profesi ini sangat banyak peminatnya. Selain profesinya yang kekinian, data scientist pun memiliki kisaran gaji yang cukup besar serta jenjang karir yang menjanjikan. Lalu untuk mengenal profesi data scientist lebih lanjut, pada artikel ini akan dikenalkan beberapa tugas data scientist.


1. Bertanggung Jawab Terhadap Penelitian

Setiap perusahaan memiliki fokus bisnis pada bidang tertentu. Tujuan dari perusahaan tersebut tentunya adalah memaksimalkan keuntungan dengan menggunakan strategi-strategi yang bisa diterapkan. Tidak jarang pula perusahaan melakukan penelitian yang dapat membantu pihak manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan pengendalian internal dan agar dapat member masukan serta rekomendasi  kepada pihak manajemen.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memvisualisasikan Data

Visualisasi data merupakan suatu tampilan hasil analisis data yang berisi informasi dan data. Visualisasi data ini biasanya disusun dalam bentuk tabel atau grafik yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data. Dengan adanya visualisasi data, pihak klien atau perusahaan akan dapat mengambil kebijakan dengan tepat melalui apa yang mereka pahami. Terdapat lima tipe visualisasi data yang biasa digunakan, yaitu temporal, hierarki, network, multidimensi, dan geospasial.

data scientist


3. Menggunakan Bantuan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal pula dengan bahasa komputer merupakan kumpulan kode atau instruksi yang terdiri dari banyak baris. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu tools yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh data scientist. Dengan menguasai bahasa pemrograman, data scientist akan dapat dengan mudah mengaplikasikan algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan data. Saat ini pun telah banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan, seperti Java, Python, R, C, PHP, Visual Basic, C++, JavaScript, dan masih banyak lainnya.

data scientist


4. Melakukan Analisis Data Perusahaan

Analisis data merupakan suatu proses mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai dasar atau pertimbvangan dalam opengambilankeputusan. Analisis data tidak hanya digunakan oleh para pelajar, mahasiswa atau akademis saja, akan tetapi data perusahaan pun perlu dianalisis yang mana hasil analisis data itu akan ditentukan untuk membuat kebijakan tertentu. Selain itu dengan melakukan analisis data kita dapat mengetahui trend atau pola yang sedang naik di masyarakat dan lingkungan sekitar.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Gabung Menjadi Data Scientist dengan Belajar di DQLab!

Data scientist saat  ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh para milenial. Kesempatan menjadi data scientist tidak hanya untuk kamu yang latar belakang pendidikan IT loh, tapi data scientist terbuka bagi semua jurusan dengan syarat kam menguasai materinya. Materi dasar data scientist dapat kamu pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project.


Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!