TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 39 Menit 44 Detik

Tutorial Buat Grafik Treemap di Excel, Yuk Coba!

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2023-09-13-171229_x_Thumbnail800.jpg

Excel sebagai salah satu software pengolah visualisasi data menyediakan banyak sekali macam grafik yang bisa dicoba. Salah satu produk visualisasi data yang bisa ditangani oleh Microsoft Excel adalah Treemap. Treemap atau peta pohon merupakan jenis grafik yang digunakan untuk menggambarkan data hirarki dalam bentuk persegi panjang yang dibagi menjadi berbagai kotak yang lebih kecil.


Setiap kotak mewakili satu bagian dari hirarki data dan memiliki ukuran yang sebanding dengan nilai atau proporsi yang sesuai dengan bagian tersebut. Setiap level hirarki data direpresentasikan oleh persegi panjang. Kemudian, persegi panjang ini dapat dibagi lagi menjadi persegi panjang yang lebih kecil untuk mewakili subkategori lebih lanjut.


Grafik treemap sering digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk analisis keuangan, visualisasi data perangkat lunak, dan pemahaman struktur organisasi. Mereka dapat membantu mengidentifikasi tren, pola, dan hubungan antara bagian-bagian dari hirarki data yang kompleks.


Grafik treemap juga dapat digunakan untuk menyoroti pola dan perbandingan dalam data yang mungkin sulit dilihat dalam jenis grafik lainnya. Nah, maka dari itu, jika kamu penasaran dan ingin belajar visualisasi data melalui Excel, ada baiknya kamu bisa memulainya dengan memahami dan membuat grafik Treemap ini. Yuk kita sama-sama belajar dan membuat bareng sahabat DQLab!


1. Mengenal Grafik TreeMap

Grafik treemap adalah jenis grafik yang digunakan untuk menggambarkan data hirarki dalam bentuk persegi panjang yang dibagi menjadi berbagai kotak yang lebih kecil. Setiap kotak mewakili satu bagian dari hirarki data dan memiliki ukuran yang sebanding dengan nilai atau proporsi yang sesuai dengan bagian tersebut.


Grafik treemap adalah jenis visualisasi data yang digunakan untuk mewakili hierarki data dalam bentuk rectangle berwarna-warni yang dapat dibagi-bagi. Setiap rectangle dalam treemap mewakili suatu bagian dari keseluruhan data dan ukurannya menggambarkan proporsi nilai yang berkaitan dengan bagian tersebut.


Grafik treemap sering digunakan untuk memahami struktur hierarki data dan hubungan antara bagian-bagian yang berbeda dalam sebuah kumpulan data.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Komponen yang Ada dalam Grafik Treemap

Komponen treemap atau peta pohon terdiri dari tiga bagian sebagai berikut:

Excel

  • Area Plot: Pada bagian ini tercantum keseluruhan representasi visual dari grafik berada. Seperti yang Anda lihat, setiap persegi panjang peta pohon diarsir oleh kategori tingkat tertinggi, dan persegi panjang sub-kategori (cabang pembantu) untuk setiap item diwarnai sebanding dengan ukuran angka numerik yang dikontribusikan masing-masing ke kumpulan data.

  • Judul Bagan: Bagian ini mewakili judul bagan. Ini membantu Anda memberi nama deskriptif pada bagan Anda, sehingga membantu pemirsa Anda dengan mudah memahami representasi visual.

  • Legenda: Legenda adalah bagian peta yang membedakan berbagai rangkaian data yang setiap warnanya diwakili oleh salah satu kategori (cabang) tingkat tertinggi.


3. Kapan Menggunakan Grafik Treemap

Grafik Treemap bisa menjadi salah satu pilihan grafik visualisasi data kamu jika memenuhi skenario sebagai berikut:

  • Apabila kamu ingin memvisualisasikan hubungan sebagian-hubungan keseluruhan diantara banyak kategori

  • Seri data bersifat hierarkhis

  • Perbandingan yang tepat antar kategori tidak penting


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Cara Membuat Grafik Treemap pada Excel

Membuat grafik treemap pada Excel sangatlah mudah dan sederhana. Seperti contoh, dalam tabel dibawah ini disediakan dataset yang berisi tiga kolom. Kolom pertama berisi kategori productnya, kategori kedua yaitu produk secara spesifik dari masing-masing kategori, sedangkan kolom terakhir berisi berapa jumlah barang yang habis terjual dari masing-masing kategori produk tadi. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Pilih datasetnya dengan cara diblok

Excel

  • Pergi ke Excel ribbon, klik Insert tab - Pilih Hierarchy chart option

Excel

  • Lalu, scroll ke bawah sedikit kemudian pilih Treemap option

Excel

  • Hasilnya akan muncul seperti ini dalam bentuk Treemap. Keempat persegi panjang tersebut dikelompokkan berdasarkan kategorinya, dimana ukuran kotak persegi panjang ditentukan oleh nilai yang diberikan

Excel

  • Pada output diatas, Grafik Treemap juga sudah muncul dimana setiap persegi panjang yang berbeda warna ini merepresentasikan ukuran dan jumlah dari adanya barang yang habis terjual. Semakin sempit ukurannya maka treemapnya juga semakin sempit.

  • Excel secara otomatis akan menandai dan mengubah warna yang berbeda pada setiap level atau kategorinya. Caranya bisa klik kanan pada persegi panjang yang kita ingin ubah warnanya, pilih Format Data Series

Excel

  • Under Series Options pada Label Options, pilih display yang kamu inginkan

Excel

  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan beberapa perubahan pada tampilan, memindahkan atau mengubah ukuran grafik, dan memberinya judul.


Seru banget kan? Selain treemap excel, ternyata ada banyak diagram yang bisa dibuat di Excel, nih. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? 

Excel

Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Jangan lupa juga ikuti pula Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :