JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 9 Jam 59 Menit 20 Detik

Tutorial Cara Hapus Elemen dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-03-26-183846_x_Thumbnail800.jpg

Belajar coding atau pengkodean di masa kini sudah menjadi suatu kebutuhan yang perlu dipelajari atau dikuasai oleh programmer, web developer maupun praktisi data. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan pun bermacam-macam, salah satunya adalah python. Dalam proses coding menggunakan python, adakalanya pengguna memerlukan proses menghapus elemen untuk suatu kepentingan tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas tutorial menghapus elemen pada python secara singkat. 


Bahasa python memiliki beberapa tipe data yang umum digunakan, yaitu tipe data numeric, boolean dan sequence. Salah satu contoh tipe data yang akan dibahas adalah tipe data list. Tipe data list ini termasuk tipe koleksi data yang paling umum digunakan. Urutan elemen dalam list dapat diubah. Cara mendefinisikan tipe data ini adalah dengan menggunakan tanda kurung siku dan memisahkan masing-masing elemen dengan tanda koma. Perhatikan beberapa tutorial menghapus elemen pada python di bawah ini.


1. Menggunakan Remove

Dalam bahasa python, terdapat beberapa cara menghapus elemen dalam suatu list. Cara pertama adalah dengan menggunakan perintah remove. Sebagai contoh dalam suatu list terdapat berbagai macam nama kota yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Banten. Jika pengguna ingin menghapus suatu kota, maka bisa memasukkan nama kota ke dalam perintah remove(). perhatikan contoh di bawah ini

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Slicing

Jika sebelumnya kita telah mempelajari cara menghapus elemen menggunakan remove, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik slicing. Teknik slicing merupakan sebuah teknik memilih data dari sebuah set data. Dalam teknik ini kita bisa mendefinisikan elemen yang akan ditampilkan di urutan ke berapa. Sebagai contoh jika kita hanya ingin menampilkan empat elemen awal maka bisa menggunakan cara berikut.

Python


3. Menggunakan Delete

Selain menggunakan perintah remove dan teknik slicing, pengguna juga bisa menggunakan perintah delete untuk menghapus elemen dalam suatu list. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan menambahkan perintah del di awal list lalu menyebutkan urutan elemen yang ingin dihapus (perhitungan dimulai dari 0). Perhatikan contoh berikut jika ingin menghapus elemen keempat dari suatu list.

Python


4. Menggunakan Pop

Setelah mengetahui cara menghapus elemen menggunakan remove, slicing, dan delete, kita bisa menambah wawasan terkait cara menghapus elemen dengan menggunakan pop. Jika menggunakan cara ini, pengguna cukup menambahkan pop() lalu menampilkan urutan angka ke berapa yang akan ditampilkan. Untuk lebih mudah memahaminya perhatikan contoh berikut.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Menghapus elemen dalam suatu list adakalanya menjadi kebutuhan yang perlu dilakukan oleh pengguna. Kamu bisa coba berbagai fungsi lain yang tersedia dalam python dengan belajar dari modul yang tersedia di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login