PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 14 Menit 59 Detik

Tutorial Excel dengan Fungsi WEEKDAY

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2024-02-23-180102_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu tools yang sangat berguna dalam pekerjaan sehari-hari praktisi data. Hal ini memungkinkan bahwa penggunaan setiap fungsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pengguna. Dengan kemampuan untuk menyusun data, menganalisis informasi, dan membuat visualisasi yang informatif, Excel memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam memproses dan menyajikan data secara efisien.


Dari penggunaan formula sederhana hingga makro yang kompleks, Excel memberikan kesempatan untuk mengoptimalkan produktivitas dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang mendalam terhadap data.


Seperti yang kita tahu, Excel punya segudang rumus yang bisa disesuaikan dengan data yang dimiliki. Apabila data yang kamu punya ini adalah data berupa tanggal, maka kamu bisa menggunakan fungsi WEEKDAY. Fungsi WEEKDAY adalah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu dari sebuah tanggal yang diberikan. Angka yang dikembalikan ini berkisar dari 1 hingga 7, di mana 1 mewakili hari Minggu dan 7 mewakili hari Sabtu.


Dengan menggunakan fungsi WEEKDAY, kita dapat dengan mudah menganalisis data tanggal dalam berbagai konteks, seperti menentukan hari dalam seminggu dari suatu tanggal tertentu atau melakukan perhitungan berdasarkan hari kerja atau hari libur. Kali ini, kita akan sama-sama belajar tentang bagaimana cara menggunakan fungsi WEEKDAY pada Excel. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Apa itu Fungsi WEEKDAY Excel

Fungsi WEEKDAY dalam Excel digunakan untuk mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu dari suatu tanggal tertentu. Fungsi WEEKDAY dalam Excel adalah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu dari suatu tanggal tertentu. Angka yang dikembalikan berkisar dari 1 hingga 7, dengan 1 mewakili hari Minggu dan 7 mewakili hari Sabtu, atau sesuai dengan konfigurasi regional.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Persamaan Umum Fungsi WEEKDAY

Berikut adalah persamaan umum fungsi WEEKDAY yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

=WEEKDAY (serial_number, [return_type])


Keterangan:

Nomor seri atau tanggal yang kamu berikan akan memberikan hasil hari dalam seminggu. Serial_number dapat diinput melalui beberapa cara, sebagai berikut:

  • Kamu dapat merujuk langsung ke sel yang berisi tanggal: =WEEKDAY(C1, 1).

  • Tanggal dapat dimasukkan sebagai string teks dengan menggunakan tanda petik: =WEEKDAY("2018/12/26",1).

  • Kamu juga dapat memasukkan tanggal secara langsung sebagai nomor seri: =WEEKDAY("43460",1) (dengan 43460 mewakili tanggal 26 Desember 2018).

  • Parameter return_type - Opsional, dengan nilai default 1.

Excel


3. Penerapan Fungsi WEEKDAY Excel

Agar kamu lebih jelas soal bagaimana penerapan fungsi WEEKDAY Excel, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini yuk!

  • Klik pada sel yang ingin kamu keluarkan hasilnya. Masukkan rumus =WEEKDAY(A4;3) ke dalam formula Bar dan tekan Enter

Excel

  • Seret (drag) hasilnya ke bawah untuk menerapkan rumus WEEKDAY yang sama ke sel lainnya

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Return Type Argumen sebagai Dasar Perhitungan WEEKDAY Excel

Return_type argumen merupakan salah satu komponen dalam persamaan umum fungsi WEEKDAY. Dalam fungsi WEEKDAY Excel, argumen return_type memiliki beberapa nilai yang dapat digunakan untuk menyesuaikan cara representasi hari dalam seminggu. Berikut adalah penjelasan untuk nilai-nilai tersebut:


  • return_type = 1: Mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu, dimulai dari Minggu (1) hingga Sabtu (7), dengan Minggu direpresentasikan oleh angka 1 dan Sabtu oleh angka 7. Ini adalah nilai default.

  • return_type = 2: Mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu, dimulai dari Senin (1) hingga Minggu (7), dengan Senin direpresentasikan oleh angka 1 dan Minggu oleh angka 7.

  • return_type = 3: Mengembalikan angka yang mewakili hari dalam seminggu, dimulai dari Senin (0) hingga Minggu (6), dengan Senin direpresentasikan oleh angka 0 dan Minggu oleh angka 6.


Yuk perdalam pemahaman excel kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login