Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tutorial Excel Sederhana dengan Fungsi Log

Belajar Data Science di Rumah 02-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-08-2024-05-02-193907_x_Thumbnail800.jpg

Sebagian besar formula yang ada pada Excel diturunkan dari rumus matematika. Salah satu contohnya yaitu fungsi Log. Jika kamu pernah belajar matematika tentunya sudah tidak asing dengan fungsi logaritma. Fungsi logaritma dalam Excel, seperti fungsi LOG, memungkinkan pengguna untuk menghitung logaritma dari sebuah angka dengan basis tertentu. Misalnya, LOG(100,10) akan mengembalikan nilai 2, karena 10 pangkat 2 sama dengan 100. 


Dengan menggunakan fungsi ini, pengguna dapat melakukan berbagai perhitungan matematika kompleks dengan cepat dan akurat di Excel, membantu dalam analisis data, pemodelan, dan banyak lagi. Nah, kalau kamu kebetulan sedang belajar logaritma dan dihadapkan dengan mencari nilai logaritma dengan angka yang lumayan besar, tak perlu khawatir. Kamu bisa pakai rumus Excel untuk mengatasinya. Jika kamu penasaran, jangan sampai skip artikel ini ya sahabat DQLab! Simak sampai habis!


1. Apa itu fungsi Log pada Excel

Fungsi LOG dalam Excel digunakan untuk menghitung logaritma dari sebuah angka dengan basis tertentu. Logaritma adalah operasi matematika yang menghitung eksponen yang diperlukan untuk menghasilkan suatu angka tertentu. Misalnya, logaritma basis 10 dari 100 adalah 2, karena 10 pangkat 2 sama dengan 100.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Persamaan umum fungsi LOG

Format umum untuk menggunakan fungsi LOG adalah sebagai berikut:

=LOG(number, base)

Keterangan:

  • number = nilai yang akan dihitung logaritmanya. 

  • base = basis logaritma yang digunakan. Jika tidak disebutkan, basis logaritma default adalah 10.

Misalnya, untuk menghitung logaritma basis 10 dari angka 100, kita dapat menggunakan rumus berikut di Excel:

=LOG(100, 10)

Hasilnya akan menjadi 2, sesuai dengan perhitungan logaritma basis 10 dari 100.


3. Penggunaan fungsi LOG dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi logaritma tidak hanya berhenti saat kita belajar matematika di sekolah. Ada beberapa manfaat penggunaan fungsi LOG dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Simak ya!

  • Analisis Data: Misalnya, dalam analisis data, kita mungkin perlu menghitung logaritma dari data yang memiliki skala yang sangat luas untuk membantu dalam visualisasi atau pemrosesan lebih lanjut.

  • Model Matematika: Dalam pembuatan model matematika, terutama dalam bidang seperti ilmu pengetahuan alam atau keuangan, fungsi LOG dapat digunakan untuk menyesuaikan data ke skala yang lebih mudah dimanipulasi atau untuk memperhitungkan efek proporsionalitas yang berbeda.

  • Pemrosesan Sinyal: Dalam bidang pemrosesan sinyal atau teknik lainnya, logaritma sering digunakan untuk mentransformasi sinyal ke domain logaritmik untuk analisis atau visualisasi.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Contoh fungsi LOG dalam Excel

Agar lebih jelas dan paham soal penggunaan fungsi LOG pada Excel, simak penjelasan studi kasus di bawah ini:

Diketahui basis 64 dari angka 8, kira-kira berapa hasil logaritmanya? Kamu bisa menggunakan rumus LOG pada Excel. Caranya simple banget! 

Excel

Cell B1 menunjukkan base atau basisnya. Sedangkan pada cell A1 menunjukkan number atau angka yang ingin dihitung logaritmanya. Ternyata setelah dihitung maka hasilnya sebesar 2. Ini artinya sama saja dengan 8 pangkat 2 maka bernilai 64. 


Jadi gimana? Sudah paham kan gimana caranya menggunakan fungsi LOG pada Excel? Kalau kamu penasaran buat belajar lebih lanjut, Yuk perdalam pemahaman excel kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login