PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 22 Menit 54 Detik

Tutorial Gampang Grafik dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2024-02-16-193916_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pada era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini data dimiliki oleh berbagai perusahaan. Data saat ini bisa disimpan dan dikelola dengan cara digital. Data dalam perusahaan nantiya perlu dianalisis lebih lanjut agar menghasilkan suatu kesimpulan. Agar kesimpulan dari hasil analisis data lebih mudah dipahami, maka perlu dibuat dengan visualisasi data seperti menggunakan grafik. Pada artikel kali ini kita akan mengenali cara membuat grafik di excel.


Proses visualisasi data adalah bagian penting dalam tahapan analisis data. Proses visualisasi data ini juga perlu dipelajari oleh para praktisi data agar hasil analisis data lebih mudah dipahami. Terdapat banyak tools visualisasi data yang bisa digunakan, salah satunya adalah Microsoft excel. Microsoft excel menyediakan berbagai fitur dan fungsi yang beragam untuk membuat visualisasi data dengan mudah. Untuk mengenali lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Grafik

Grafik adalah suatu kombinasi antara angka, huruf, simbol sebagai media penyampaian data yang memiliki arti tertentu. Grafik memiliki berbagai macam jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adakalanya seseorang belum memahami data yang tidak dikemas atau divisualisasikan dengan rapi.


Oleh karena itu salah satu media untuk pengemasan data dengan rapi dan mudah dipahami adalah dengan menggunakan media visualisasi data seperti grafik. 

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pentingnya Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses penggunaan elemen visual yang bisa digunakan untuk mempresentasikan data. Visualisasi data ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengkomunikasikan dan menyampaikan hasil analisis data secara lebih efisien. Visualisasi data ini merupakan proses penting yang perlu dilakukan.


Hal ini dikarenakan tidak semua orang memahami tentang data. Oleh karena itu perlu dikemas dengan tampilan yang rapi dan mudah dipahami.

Excel


3. Jenis Grafik di Excel

Microsoft excel adalah salah satu tools atau software yang bisa digunakan untuk proses visualisasi data. Salah satu cara untuk memvisualisasikan data dengan baik adalah dengan menggunakan grafik. Pada microsoft excel terdapat berbagai jenis grafik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Beberapa jenis grafik tersebut antara lain 1) column, berbentuk diagram batang yang mengarah ke atas; 2) bar chart, berbentuk diagram batang yang mengarah ke samping; 3) pie chart, grafik yang berbentuk diagram lingkaran dan biasanya menunjukkan nilai dalam bentuk persentase; 4) line, grafik dengan bentuk garis; 5) area, grafik yang digunakan untuk menganalisis perubahan data dari waktu ke waktu; 6) surface, grafik berbentuk 3D yang permukaannya berguna jika ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data.


Ilustrasi di bawah ini merupakan beberapa contoh pilihan grafik yang dapat digunakan.

Excel 


4. Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah mengetahui pentingnya visualisasi data dan dapat diproses menggunakan excel, maka kita juga perlu mengetahui langkah mudah cara membuat grafik di excel yaitu sebagai berikut:

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan


Berikut adalah contoh hasil penggunaan grafik di excel

Excel



Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Visualisasi data merupakan bagian penting yang perlu dipelajari untuk membantu memahami hasil analisis data. Proses visualisasi data ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Di DQLab kamu bisa belajar visualisasi data dengan mudah.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login