2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 18 Menit 25 Detik

Tutorial Gampang Python Konversi String ke Int

Belajar Data Science di Rumah 13-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-05-13-203235_x_Thumbnail800.jpg

Data yang diterima oleh para developer atau praktisi data seringkali masih dalam keadaan mentah atau perlu diolah lebih lanjut agar bisa digunakan. Misalnya seperti konversi string ke int. Ini biasanya dilakukan ketika data tersebut perlu digunakan dalam operasi matematika. Kalian bisa loh memanfaatkan Python untuk memudahkan proses konversi tersebut. Bagaimana contoh penggunaannya? Simak pada pembahasan di bawah ini!


1. Mengapa Perlu Konversi String ke Int?

Konversi string ke integer sering dilakukan dalam pemrograman, karena data yang diterima atau disimpan dalam bentuk string perlu diolah atau digunakan dalam operasi matematika. Misalnya, ketika mengambil input data yang diisi oleh user, nilai tersebut awalnya masuk sebagai string dan perlu dikonversi menjadi tipe data numerik agar lebih mudah digunakan dalam pemrosesan lebih lanjut.


Konversi ini juga diperlukan saat bekerja dengan data yang berasal dari sumber eksternal seperti file teks atau basis data. Biasanya data dalam bentuk ini seringkali disimpan dalam bentuk string dan harus diubah menjadi tipe data yang lebih sesuai untuk analisis atau penggunaan lainnya. Dengan melakukan konversi string ke integer, program dapat mengoperasikan data dengan lebih efisien dan akurat.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Metode Python Konversi String ke Int

Dalam Python, terdapat beberapa metode atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan konversi dari string ke integer:

  • int(): Fungsi ini adalah cara paling umum untuk melakukan konversi string ke integer. Contohnya: angka = int("123").

  • float(): Fungsi ini dapat digunakan untuk mengonversi string ke bilangan pecahan (float), namun jika string tersebut merepresentasikan bilangan bulat, hasilnya akan diubah menjadi integer. Contohnya: angka = float("123").

  • str.isdigit(): Metode ini digunakan untuk memeriksa apakah string hanya terdiri dari digit-digit numerik. Jika ya, kita dapat menggunakan fungsi int() untuk mengkonversinya ke integer. 

  • eval(): Fungsi ini mengevaluasi ekspresi Python dari string yang diberikan, yang bisa saja berupa angka. Namun, penggunaan eval() harus diperlakukan dengan hati-hati karena dapat mengeksekusi kode dari string tersebut, yang berpotensi berbahaya jika string tersebut berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Contohnya: angka = eval("123").

  • Operator "+": Jika string berisi representasi angka, kita juga bisa menggunakan operator "+" untuk mengonversinya ke integer. Contohnya: angka = int("123" + "456").


3. Contoh Konversi String ke Int dengan Python

Misalkan kalian sedang membuat sebuah program sederhana untuk menghitung total harga belanjaan di sebuah toko. Pengguna diminta untuk memasukkan harga tiap barang dalam bentuk string, dan program kemudian akan mengkonversinya menjadi integer untuk melakukan perhitungan total harga. Berikut adalah skenario programnya:

Python

Dalam skenario ini, user diminta untuk memasukkan harga masing-masing barang dalam bentuk string. Kemudian, kita menggunakan fungsi int() untuk mengonversi string tersebut menjadi integer sehingga nantinya dapat dilakukan perhitungan matematika secara benar. Setelah itu, program akan menampilkan total harga belanjaan. Dengan menggunakan konversi string ke integer, program dapat dengan mudah melakukan perhitungan matematika yang dibutuhkan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Kegunaan Python Lainnya

Python adalah bahasa pemrograman multifungsi yang digunakan dalam berbagai bidang dan memiliki banyak kegunaan selain hanya mengkonversi string ke integer. Berikut beberapa kegunaan Python.

  • Pengembangan Web: Python digunakan dalam pengembangan web dengan kerangka kerja seperti Django dan Flask. Dengan Python, kalian dapat membuat situs web, aplikasi web, dan API dengan mudah dan cepat.

  • Data science dan artificial intelligence: Python adalah salah satu bahasa yang paling populer dalam data science dan kecerdasan buatan. Paket seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, dan TensorFlow sering digunakan untuk keperluan analisis data, visualisasi, dan machine learning.

  • Automatisasi dan Scripting: Python digunakan secara luas dalam otomatisasi tugas sehari-hari dan penulisan skrip. Ini dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas administratif, pengelolaan file, dan banyak lagi.

  • Pengembangan Aplikasi Desktop dan Mobile: Dengan bantuan framework seperti Tkinter, Kivy, dan PyQt, Python dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan mobile yang berfungsi penuh.

Nah, Sahabat DQ mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, Sahabat DQ juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


Bagaimana persiapannya? Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab. Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login