PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 42 Menit 25 Detik

Tutorial Grafik Bar Comparison di Excel Mudah

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61c63a4e24b8f78d383ea6e1f34a9366_x_Thumbnail800.jpeg

Sebelum membuat visualisasi data, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi chart atau grafik apa yang akan kita gunakan. Yang perlu digaris bawahi adalah grafik atau chart tersebut harus bisa menyampaikan semua informasi dengan mudah, khususnya pada users non IT yang tidak memahami data. Membuat grafik di excel cukup challenging karena semakin kompleks dataset dan informasi yang ingin ditampilkan, maka langkah membuat grafik akan semakin banyak. Selain itu, detail dari grafik juga harus diperhatikan. 


Dalam berbagai industri, sering kali kita harus menyampaikan informasi mengenai perbandingan data, bahkan informasi yang perlu dibandingkan berasal dari beberapa data atau kolom. Agar comparison tersebut lebih mudah dipahami, maka cara paling mudah untuk menyampaikan informasi tersebut adalah dengan membuat grafik atau chart perbandingan yang mudah dipahami. Sayangnya karena data yang terlalu banyak terkadang membuat kita kesulitan untuk membuat chart tersebut. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas cara mudah membuat grafik perbandingan di excel hanya dengan 3 langkah. Jadi tunggu apa lagi? Let’s get started!


1. Mengenal Visualisasi Data

Tujuan utama dari data visualization atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan visualisasi data adalah untuk mempermudah kita dalam menginformasikan hasil identifikasi pola, trend, insight, dan lain sebagainya dari kumpulan data. Visualisasi data juga dikenal dengan grafik informasi, visualisasi informasi, dan grafik statistik. Visualisasi data merupakan bagian dari proses data science dimana setelah data dikumpulkan, diproses, dan dimodelkan harus divisualisasikan untuk dapat diambil keputusan. Beberapa visualisasi data dalam bentuk chart atau grafik dapat digabungkan menjadi sebuah dashboard sehingga seluruh informasi dapat ter-deliver dengan baik.


Baca juga : Grafik Excel untuk Data Visualization Data Analyst


2. Persiapkan Data

Pada poin dua ini, kita akan mulai membuat comparison chart pada excel. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan data yang akan kita gunakan. Data-data ini harus disusun dalam tabel terstruktur agar proses select data lebih mudah. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa di setiap kolom atau baris memiliki nama variabel yang akan digunakan sebagai label pada chart. Agar lebih mudah proses pembuatan chart-nya, pastikan tidak ada cell yang ter-merge, ya! 


Berikut adalah contoh data yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini.

Excel


3. Membuat Chart

Jika data sudah siap, saatnya data diubah menjadi grafik. Langkah pertama, select semua tabel dari label  hingga angkanya. Kedua, pilih menu ‘Insert’ dan pilih bar chart pada kolom chart. Terakhir pilih clustered column. Nah, comparison chart yang kita perlukan sudah jadi!


Excel


Berikut adalah chart yang sudah kita buat.

Excel


4. Melengkapi Informasi

Pada poin 3, meskipun grafik sudah jadi, namun users akan kesulitan untuk memahami informasi apa yang hendak disampaikan pada chart. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan beberapa elemen. Kita bisa mengubah style, warna, menambahkan label, dan lain sebagainya. Hal yang paling penting adalah pastikan ada judul chart ya karena judul adalah informasi penting yang harus ada. Meskipun terlihat sederhana, namun tanpa title atau judul, chart secantik apapun tidak akan bisa dibaca karena kita tidak tahu informasi apa yang hendak disampaikan. Kita bisa mengeksplor tanda plus, kuas, dan corong di sebelah chart untuk mempercantik chart yang telah kita buat.


Excel


Baca juga : Tutorial Mudah Buat Grafik Dinamis di Excel 


Jika data yang kita gunakan terlalu besar, akan sangat sulit untuk membuat visualisasi data dengan excel karena excel akan sering not responding dan berakhir dengan freezing. Oleh karena itu, kamu harus mulai belajar visualisasi data dengan tools yang lebih powerful seperti R dan Python. Yuk belajar menggunakan R dan Python untuk visualisasi data dengan modul dari DQLab! Jika kamu belum punya software R atau Python, jangan khawatir! 


Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kamu bisa langsung mempraktekkan code-nya di modul tersebut. Yuk coba menggunakan live code editor dari DQLab dengan klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan akses modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dengan R dan Python plus free ebook yang bisa kamu akses 24 jam non stop!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login