Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tutorial Hapus Elemen Dictionary pada Python

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-03-04-211319_x_Thumbnail800.jpg

Dalam Python terdapat istilah dictionary yang ditujukan untuk menyebut struktur data dengan pasangan kunci-nilai dan bersifat tidak terstruktur. Dalam beberapa kondisi, elemen dalam dictionary perlu dihapus karena beberapa alasan. Mulai dari agar manajemen memori lebih efisien, sampai mengoptimalkan suatu aplikasi. Lalu bagaimana cara menghapus elemen dalam dictionary? Cari tahu pada pembahasan berikut ini.


1. Apa itu Dictionary?

Dictionary di Python adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan pasangan kunci-nilai yang bersifat tidak berurutan. Setiap elemen dalam dictionary terdiri dari sepasang kunci yang unik dan nilai yang terkait dengan kunci tersebut. Kunci dalam dictionary dapat berupa tipe data yang tidak dapat diubah seperti string, angka, atau tupel, sementara nilai dapat berupa tipe data apa pun, termasuk list, tuple, dictionary, atau tipe data lainnya.


Dictionary dalam Python dapat digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara elemen-elemen yang memiliki keterkaitan satu sama lain, serta agar lebih mudah mengakses nilai-nilai berdasarkan kunci-kunci yang diberikan. Dengan menggunakan dictionary, kalian dapat dengan mudah menambah, menghapus, dan memperbarui pasangan kunci-nilai sesuai dengan kebutuhan aplikasi.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Alasan Menghapus Elemen di Dictionary

Ada beberapa alasan mengapa para praktisi data ingin menghapus elemen dari sebuah dictionary di Python. Pertama, untuk mengelola memori agar lebih efisien, terutama ketika dictionary tersebut menyimpan sejumlah besar data yang tidak lagi diperlukan atau relevan. Kedua, untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan mengurangi kompleksitas waktu operasional seperti pencarian, iterasi, atau pemrosesan data.


Ketiga, ketika sebuah program memperbarui atau memodifikasi data, menghapus elemen dari dictionary membantu update data yang lebih akurat dan efisien, sehingga mencegah inkonsistensi atau kesalahan dalam aplikasi. Terakhir, untuk membersihkan dictionary dari data yang tidak diperlukan. Jadi, menghapus elemen di dictionary merupakan praktik penting untuk mengelola dan memelihara struktur data dengan baik.


3. Cara Hapus Elemen di Dictionary

Kalian dapat menghapus elemen dari sebuah dictionary menggunakan perintah del atau metode pop(). Perintah del adalah sebuah pernyataan Python yang digunakan untuk menghapus variabel, objek, atau elemen dari struktur data tertentu. Ketika digunakan dengan dictionary, del digunakan untuk menghapus elemen dengan kunci tertentu dari dictionary tersebut. Berikut contohnya.

Python


Kedua bisa menggunakan metode pop(). Cara pop() adalah metode bawaan dalam Python yang digunakan untuk menghapus dan mengembalikan nilai dari sebuah elemen dalam sebuah struktur data. Ketika digunakan dengan dictionary, pop() digunakan untuk menghapus elemen dengan kunci tertentu dari dictionary tersebut dan mengembalikan nilai yang terkait dengan kunci tersebut. Berikut contohnya.

Python


Perlu diingat bahwa jika kunci yang diberikan tidak ada dalam dictionary, penggunaan del akan menghasilkan KeyError, sedangkan metode pop() dapat mengembalikan nilai default jika kunci tidak ditemukan, atau menghasilkan KeyError jika tidak ada nilai default yang diberikan.


4. Tips Hapus Elemen di Dictionary

Terdapat beberapa tips yang berguna saat kalian ingin menghapus elemen dari sebuah dictionary dalam Python. Beberapa di antaranya adalah:

  • Periksa ketersediaan kunci sebelum menghapus: Sebelum menghapus sebuah elemen dengan menggunakan metode del atau pop(), pastikan kunci tersebut ada dalam dictionary untuk menghindari KeyError. Kalian dapat menggunakan pernyataan if 'kunci' in my_dict: untuk memeriksa ketersediaan kunci sebelum menghapusnya.

  • Gunakan del untuk penghapusan langsung: Jika kalian hanya ingin menghapus elemen tanpa memperhatikan nilai yang dihapus, pernyataan del adalah pilihan yang langsung dan efisien.

  • Gunakan pop() untuk mendapatkan nilai yang dihapus: Jika kalian juga tertarik untuk mendapatkan nilai yang dihapus dari dictionary, kalian dapat menggunakan metode pop(). Dengan ini, kalian bisa menghapus elemen dan mendapatkan nilai yang dihapus sekaligus.

  • Manfaatkan nilai default dalam pop(): Metode pop() memungkinkan kalian menentukan nilai default yang akan dikembalikan jika kunci tidak ditemukan dalam dictionary. Cara ini dapat menghindari KeyError dan memudahkan penanganan kasus di mana kunci mungkin tidak ada.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Nah, Sahabat DQ mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, Sahabat DQ juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


Bagaimana persiapannya? Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab. Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login