SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 35 Menit 37 Detik

Tutorial Hapus Elemen pada Python dari List

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-05-29-204102_x_Thumbnail800.jpg

List di Python adalah salah satu tipe data yang digunakan untuk menyimpan kumpulan item. List sangat fleksibel dan memungkinkan penyimpanan berbagai jenis data, baik angka, string, maupun objek lainnya, dalam satu struktur. Item-item yang ada pada list bersifat mutable atau dapat diubah. List di Python didefinisikan dengan tanda kurung siku ([]), dan item-item di dalamnya dipisahkan oleh koma.


Menghapus elemen dari sebuah list merupakan contoh operasi dasar namun tentu saja operasi ini menjadi salah satu fundamental penting dalam pemrograman dengan Python. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode utama untuk menghapus elemen dari list di Python, dimana kita akan menggunakan fungsi remove(), fungsi pop(), del, serta list comprehension. Setiap metode memiliki kegunaan dan kelebihannya masing-masing. Yuk, simak pembahasannya!


1. Menggunakan Metode remove()

Metode remove() dapat digunakan untuk menghapus elemen pertama yang ditemukan dengan nilai tertentu dari list. Jika elemen yang dicari tidak ada dalam list, akan terjadi “ValueError”. Berikut adalah contoh penggunaan remove():

my_list = [1, 2, 3, 4, 2, 5]
my_list.remove(2)
print(my_list)


Maka output yang kita dapatkan adalah seperti gambar di bawah ini, dimana data kedua dari list telah dihapus.

Python

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Metode pop()

Metode pop() dapat digunakan untuk menghapus elemen di posisi tertentu. Jika tidak ada indeks yang diberikan, metode ini akan menghapus elemen terakhir dalam list. Berikut adalah contoh dari menghapus berdasarkan indeks dan langsung menghapus elemen terakhir.


Menghapus Elemen Berdasarkan Indeks

my_list = [1, 2, 3, 4, 5]
removed_element = my_list.pop(2)
print(my_list)
print(removed_element)


Dari output yang didapatkan, kita bisa melihat bahwa yang dihapus adalah data yang ada di indeks 2 atau elemen ketiga. Ingat bahwa Python akan menghitung indeks mula dari angka 0.

Python


Menghapus Elemen Terakhir

my_list = [1, 2, 3, 4, 5]
removed_element = my_list.pop()
print(my_list)
print(removed_element)


Dari syntax di atas, kita bisa melihat bahwa tidak ada indeks yang didefinisikan untuk dihapus, sehingga akan otomatis menghapus nilai terakhir seperti pada gambar di bawah ini:

Python



3. Menggunakan Pernyataan `del`

Pernyataan `del` digunakan untuk menghapus elemen atau bagian dari list berdasarkan indeks. Tidak seperti `pop()`, `del` tidak mengembalikan elemen yang dihapus. Berikut ini adalah contoh penggunaannya:

Menghapus Elemen Berdasarkan Indeks

my_list = [1, 2, 3, 4, 5]
del my_list[2]
print(my_list)


Dari syntax di atas, kita akan menghapus data dengan indeks 2 atau data yang ada di elemen ketiga dalam list. Jika berhasil di running, maka akan didapatkan output sebagai berikut:

Python


Dalam contoh ini, kita bisa melihat output yang ditampilkan setelah perintah del berhasil dieksekusi adalah list dengan tanpa angka 3, yang dimana angka 3 merupakan data dengan indeks 2.


4. Menggunakan List Comprehension

List comprehension dapat digunakan untuk membuat list baru yang tidak mengandung elemen-elemen tertentu. Metode ini berguna jika kita ingin menghapus semua kejadian dari elemen tertentu atau elemen yang memenuhi kondisi tertentu. Berikut contoh penggunaannya:


Menghapus Semua Kejadian dari Elemen Tertentu

my_list = [1, 2, 3, 2, 4, 2, 5]
my_list = [x for x in my_list if x != 2]
print(my_list)


Berikut adalah output yang didapatkan setelah berhasil dieksekusi:

Python

Dalam contoh ini, list comprehension [x for x in my_list if x != 2] membuat list baru yang tidak mengandung nilai 2.


Menghapus Elemen Berdasarkan Kondisi

my_list = [1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10]
my_list = [x for x in my_list if x % 2 != 0]
print(my_list)


Setelah syntax di atas berhasil dijalankan, maka hasil yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:

Python

Dalam contoh ini, list comprehension “[x for x in my_list if x % 2 != 0]” membuat list baru yang hanya berisi elemen ganjil.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Tertarik untuk belajar hal-hal menarik lainnya dalam Python? Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan modul Python yang disediakan oleh DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login