SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 22 Menit 32 Detik

Tutorial Konversi Python String ke Integer

Belajar Data Science di Rumah 31-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-05-29-204102_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang fleksibel mengerjakan banyak tugas. Dalam Python, string dan integer adalah dua tipe data dasar yang cukup sering digunakan. String merupakan tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan teks. String bisa terdiri dari satu karakter, kata, atau kalimat yang panjang.


Di Python, string didefinisikan dengan menggunakan tanda kutip tunggal (') atau tanda kutip ganda ("). Sementara Integer adalah tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan bulat. Integer bisa bernilai positif atau negatif, termasuk nol.


Dalam beberapa keadaan, kita akan membutuhkan konversi data dari tipe yang satu ke tipe yang lainnya. Mengkonversi string ke integer dalam Python adalah operasi yang sangat umum dan sering digunakan, terutama ketika kita menerima input dari pengguna atau dari file yang berbentuk string dan kita perlu melakukan operasi numerik pada data tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara untuk melakukan konversi tersebut, yuk simak pembahasannya!


1. Menggunakan Fungsi int()

Cara paling sederhana untuk mengkonversi tipe data string ke integer adalah dengan menggunakan fungsi bawaan `int()`. Berikut adalah contoh syntax yang bisa digunakan:

# String yang akan dikonversi
str_number = "123"
# Konversi string ke integer
int_number = int(str_number)
# Menampilkan hasil
print(int_number)  # Output: 123
print(type(int_number))  # Output: <class 'int'>


Dari syntax di atas, kita akan mengubah data string yang berisi angka 123 ke bentuk integer dengan menggunakan fungsi int(). Setelah syntax ini di running, outputnya akan menghasilkan angka 123 yang sudah berganti tipe data menjadi integer seperti contoh di bawah ini:

Python


Jika string berisi angka negatif atau angka dalam format lain seperti desimal, `int()` tetap dapat digunakan untuk mengkonversi data tersebut dengan benar selama format string valid. Berikut adalah contoh dengan angka negatif:

str_number = "-456"
int_number = int(str_number)
print(int_number)  # Output: -456
print(type(int_number))  # Output: <class 'int'>


Berikut adalah output yang menunjukkan bahwa data negatif pun tetap bisa menggunakan fungsi int():

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mengatasi Kesalahan Konversi

Jika string yang diberikan tidak dapat dikonversi ke integer, fungsi int() akan mengeluarkan output berupa “ValueError”. Untuk menangani kesalahan ini, kita bisa menggunakan blok “try-except”. Hal ini bertujuan agar meskipun data string tidak bisa dikonversi ke integer, namun kita tidak perlu melihat “ValueError”. Berikut adalah contohnya:

str_number = "abc"

try:
    int_number = int(str_number)
    print(int_number)
except ValueError:
    print("Konversi gagal: string tidak valid untuk dikonversi ke integer.")


Dari syntax di atas, kita bisa melihat bahwa data string yang ingin dikonversi ke integer bukanlah data yang berbentuk angka. Sehingga otomatis data tersebut tidak akan bisa terkonversi karena tidak memenuhi format yang dibutuhkan.


Dengan memanfaatkan “try-except” maka kita tidak perlu lagi melihat “ValueError” meskipun kondisi tidak valid untuk dikonversi seperti output di bawah ini:

Python


3. Mengonversi Input dari Pengguna

Sering kali, kita mungkin ingin membuat sebuah aplikasi yang lebih interaktif dengan melibatkan input dari pengguna. Kita juga bisa mengkonversi input dari pengguna yang biasanya dalam bentuk string ke integer. Berikut adalah contohnya:

user_input = input("Masukkan angka: ")

try:
    int_number = int(user_input)
    print(f"Angka yang Anda masukkan adalah: {int_number}")
except ValueError:
    print("Input tidak valid, masukkan angka yang benar.")


Jika pengguna benar memasukkan angka, maka output di bawah ini lah yang akan didapatkan, dimana angka yang diinputkan akan langsung dikonversi ke dalam integer.

Python


Sementara jika input pengguna bukan angka, mak akan langsung ada pesan yang memberitahukan bahwa input yang dimasukkan tidak valid seperti gambar di bawah ini:

Python


4. Konversi dari String yang Berisi Angka dalam Format Lain

Jika string berisi angka dalam format lain, seperti angka desimal (misalnya, "123.45"), maka kita harus melakukan konversi ke `float` terlebih dahulu sebelum ke `int`. Namun kita juga bisa langsung menggunakan `int()` dengan catatan angka desimal tersebut akan dibulatkan ke bawah. Berikut contohnya:

str_number = "123.75"

# Konversi ke float terlebih dahulu, lalu ke integer
float_number = float(str_number)
int_number = int(float_number)
print(int_number)  # Output: 123


Dari syntax di atas, kita bisa melihat bahwa data string diubah ke float tersebih dahulu menggunakan fungsi float(), lalu hasil dari float baru akan diubah ke integer menggunakan fungsi int(). Output yang akan didapatkan seperti ini:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mengkonversi string ke integer dalam Python dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi `int()`. Penting untuk menangani kemungkinan kesalahan konversi dengan menggunakan blok `try-except`, terutama ketika berurusan dengan input dari pengguna atau data yang tidak diketahui formatnya. Dengan memahami cara-cara ini, kita dapat memproses data string menjadi angka dengan lebih andal dan efisien.


Tertarik belajar Python lebih jauh? Kamu bisa mulai belajar dengan menggunakan modul Python yang disediakan oleh DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login