PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 26 Menit 57 Detik

Tutorial Latihan Coding Python Sederhana

Belajar Data Science di Rumah 21-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-02-20-163254_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang sedang hangat-hangatnya dibahas oleh para programmer dan juga praktisi data untuk mengolah data dan juga membuat aplikasi-aplikasi yang populer. Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman ini dipilih oleh para programmer dan juga praktisi data adalah bahasanya yang sederhana dan juga menyerupai bahasa manusia sehingga lebih mudah dalam memahaminya dan juga menggunakannya. 


Selain itu, Python ini dipilih karena cepat dalam menjalankan sebuah program aplikasi dibandingkan dengan bahasa populer lainnya. Sudah banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan bahasa ini untuk membuat aplikasi mereka seperti Netflix, Spotify, YouTube, dan masih banyak lagi.


Nah, jika kalian tertarik untuk mempelajari Python ini, kalian bisa menyimak artikel kali ini, karena kita akan membahas coding Python sederhana yang ramah untuk para pemula yang ingin belajar bahasa ini. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Menghitung Akar Kuadrat

Contoh coding sederhana dari Python ini adalah dapat menghitung akar kuadrat. Langkah pertama adalah kalian dapat menggunakan input untuk menuliskan angka. Kemudian konversikan menjadi angka menggunakan fungsi float. Float ini bisa digunakan untuk menghitung dan bisa juga menampilkan angka pecahan.


Nah, setelah mengkonversi angka dengan menggunakan float, kalian bisa lanjutkan dengan menghitung akar kuadrat dengan menggunakan fungsi **0.5. Nah, untuk bisa menampilkan 3 angka di belakang koma, kalian bisa menggunakan %0.3f. Untuk sintaksnya kalian bisa melihat pada contoh dibawah ini.

Python


Untuk hasilnya seperti berikut ini:

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghitung Nilai Rata-rata di Python

Dengan Python kalian juga bisa menghitung rata-rata dari nilai suatu bilangan. Kalian dapat menginput banyak data pada saat program dijalankan dengan menggunakan fungsi input() yang di konversi ke tipe data integer (tipe numerik). 


Untuk membuat perintah perulangan kalian bisa menggunakan pengulangan for dengan metode range(0, n), disini terdapat dua buah parameter yang di isi yaitu 0 sebagai nilai awal indeks, dan n sebagai nilai akhir indeks. Nantinya perintah tersebut akan dieksekusi dengan perulangan for. 


Lebih jelasnya kalian bisa melihat sintaks dibawah ini.

Python


Hasil outputnya adalah seperti berikut ini:

Python


3. Menghasilkan Nomor Acak

Selanjutnya Python juga bisa menghasilkan nomor-nomor acak. Hal ini dapat dilakukan karena Python memiliki elemen modul. Modul yang digunakan untuk contoh kita kali ini adalah Modul random. Modul random digunakan untuk menghasilkan nomor-nomor acak. Kalian bisa menggunakan kode random() untuk menghasilkan nomor acak, lebih tepatnya adalah antara nomor 0 sampai dengan nomor 1.


Untuk sintaksnya seperti berikut ini.

Python


Hasil output dari sintaks diatas seperti berikut ini.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menampilkan Kalender

Contoh selanjutnya adalah kalian bisa menampilkan kalender dengan menggunakan Python ini. Sama seperti pembahasan kita sebelumnya, disini kalian bisa menggunakan modul jenis lain yaitu modul kalender. Dengan menggunakan model kalender ini, kalian bisa menampilkan kalender tersebut beserta tahun, bulan, dan juga tanggal-tanggalnya.


Kalian bisa menggunakan sintaks berikut ini untuk bisa menampilkan kalendernya, sebagai contoh kita ingin menampilkan kalender di bulan februari di tahun 2024 ini. 

Python


Setelah kalian menge run kode tersebut, nantinya akan muncul kalender dengan bulan dan juga tahun yang sudah kalian tentukan sebelumnya, yaitu seperti berikut ini.

Python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login