SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 21 Menit 18 Detik

Tutorial Menjalankan Skrip Python dengan Google Colab

Belajar Data Science di Rumah 04-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-06-07-213636_x_Thumbnail800.jpg

Sudah dengar tentang Python? Ini bukan tentang ular, tapi tentang bahasa pemrograman yang keren dan super berguna! Jadi, kamu ingin belajar bagaimana menjalankan skrip Python, tapi bingung dengan instalasi perangkat lunak tambahan di komputermu? Santai saja, kami punya solusi yang sempurna untukmu: Google Colab! Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan Google Colab untuk menjalankan skrip Python dengan mudah, tanpa harus repot-repot menginstal perangkat lunak tambahan. Yuk, kita mulai!


Python adalah bahasa pemrograman yang ramah pemula dan memiliki banyak kegunaan, mulai dari pengembangan web hingga analisis data. Namun, untuk memulai, kamu biasanya harus menginstal Python di komputermu. Tapi tunggu dulu, apa kabar jika kita bisa menjalankan skrip Python tanpa perlu menginstal apapun? Nah, itulah keindahan Google Colab!


Google Colab adalah platform cloud computing yang memungkinkan kamu untuk membuat dan menjalankan notebook Python secara online. Kamu bahkan bisa menggunakan GPU gratis untuk mempercepat proses komputasi. Keren, bukan?


1. Akses Google Colab

Python

Pertama-tama, pastikan kamu memiliki akun Google. Kemudian, buka Google Colab di browsermu dan buat notebook baru. Google Colab menyediakan lingkungan Python yang siap pakai, jadi kamu tidak perlu repot mengatur instalasi. Ini sangat nyaman, terutama jika kamu ingin coding dari berbagai perangkat atau berbagi kode dengan teman-temanmu.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tulis dan Jalankan Kode

Setelah membuka notebook baru, kamu bisa mulai menulis skrip Python. Google Colab memiliki antarmuka yang mirip dengan Jupyter Notebook, jadi kamu bisa menambahkan cell dan menulis kode di dalamnya. Tulis kode Pythonmu dengan nyaman, dan saat siap, jalankan dengan menekan tombol "Run" atau menggunakan shortcut keyboard. Google Colab akan mengeksekusi kodemu di cloud dengan cepat dan efisien.


3. Manfaatkan Fasilitas Cloud

Python

Salah satu keunggulan Google Colab adalah kamu bisa menggunakan fasilitas cloud seperti GPU secara gratis. Ini sangat berguna jika kamu ingin melakukan komputasi yang berat, misalnya dalam pelatihan model machine learning atau pengolahan gambar. Dengan menggunakan GPU di Google Colab, kamu bisa mempercepat proses komputasi tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan.


4. Simpan dan Bagikan Notebook

Setelah selesai menjalankan skrip Pythonmu, kamu bisa menyimpan notebooknya langsung di Google Drive atau GitHub. Ini memudahkanmu untuk mengakses dan berbagi kode dengan orang lain. Kamu bahkan bisa membuat notebookmu menjadi publik, sehingga siapa pun bisa melihat dan menjalankan kode yang kamu tulis. Bagaimana mudahnya, bukan?


5. Belajar dan Berkreasi

Python

Google Colab bukan hanya alat untuk menjalankan skrip Python, tapi juga platform belajar dan berkreasi. Kamu bisa menemukan banyak contoh kode dan proyek-proyek yang telah dibagikan oleh komunitas Python. Ini sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan pemrogramanmu dan mendapatkan inspirasi untuk proyek-proyek baru. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dunia Python di Google Colab!


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Menjalankan script Python adalah hal paling dasar namun sangat berperan penting bagi siapa saja yang ingin belajar pemrograman dengan Python. Dengan memahami berbagai cara menjalankan script Python, kita dapat mulai mengeksplorasi berbagai aplikasi dan proyek yang lebih kompleks dengan Python. Namun jika kamu lebih suka menjalankan script Python tanpa harus install aplikasi tambahan, kamu bisa mencoba menuliskan script di live code editor DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login