PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 36 Menit 31 Detik 

Tutorial Mudah Implementasi Teknik Analisis Data Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f4f7bfdb429f9ad7c063be0cc853c01f_x_Thumbnail800.jpg

Ketika melakukan suatu kegiatan alangkah baiknya seseorang melakukannya dengan mengikuti urutan atau prosedur yang sesuai agar hasilnya lebih maksimal. Hal ini berlaku juga dalam kegiatan penelitian. Peneliti perlu mengetahui beberapa langkahnya, seperti teknik mengumpulkan data, cara implementasi teknik analisis data, cara menginterpretasi data, menyampaikan hasil penelitian, dan beberapa hal lainnya.


Teknik analisis data merupakan salah satu proses yang paling penting dalam penelitian. Menurut Taylor, teknik analisis data merupakan suatu proses mencari data dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari beberapa macam teknik pengambilan data seperti wawancara, survei, observasi, dokumentasi, dan lainnya.


Secara umum, teknik analisis data terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali cara implementasi teknik analisis data kualitatif.


1. Mengumpulkan Data

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan penelitian adalah proses mengumpulkan data. Mengumpulkan data merupakan proses yang harus dilakukan dengan benar. Jika pengambilan data dilakukan dengan sesuai maka data yang didapatkan pun akan lebih berkualitas.


Pada teknik analisis data kualitatif cara pengumpulan data yang dapat digunakan antara lain teknik wawancara, observasi langsung, studi literatur, catatan lapangan, focus group discussion (fgd), dan masih banyak lainnya.

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Reduksi Data

Data yang telah dikumpulkan melalui teknik-teknik pengumpulan data yang sesuai biasanya data mentah. Adakalanya data tersebut masih belum beraturan, berasal dari berbagai sumber dan dapat dikatakan masih cukup berantakan dan belum siap diolah.


Oleh karena itu perlu dilakukan proses reduksi data. reduksi data merupakan proses pemilihan dan pemusatan data seperti menyederhanakan data, mentransformasi data dan mengkategorisasi data. Data yang sudah melalui proses ini diharapkan menjadi data bersih yang benar-benar siap untuk dianalisis.


teknik analisis data


3. Menganalisis Data

Menganalisis data merupakan poin penting dalam proses penelitian. Menganalisis data berarti sebuah proses yang mengubah data yang awalnya tidak berarti apa-apa menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.


Tujuan dari analisis data ini untuk menjelaskan data agar lebih mudah dipahami dan dapat menarik kesimpulan dengan mudah. Hasil analisis data itu dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

teknik analisis data


4. Visualisasi Data

Setelah proses analisis data diperoleh kesimpulan, maka langkah selanjutnya adalah proses visualisasi data. Visualisasi data ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis dengan bentuk visual yang menarik perhatian, mudah dimengerti, dan hasil yang disampaikan sesuai dengan tujuan. Visualisasi data ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk seperti grafik, diagram, dan masih banyak jenis lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.


teknik analisis data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data merupakan salah satu tahapan penting dalam penelitian yang tidak boleh terlewatkan. Terdapat berbagai macam teknik analisis data yang dapat digunakan. Kalian bisa mulai belajar cara mengimplementasikan teknik analisis data dari mendasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :