LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 9 Menit 25 Detik

Tutorial Mudah Menjalankan Skrip Python

Belajar Data Science di Rumah 21-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2024-03-23-210214_x_Thumbnail800.jpg

Python, bahasa pemrograman yang ramah pemula dan serbaguna, telah menjadi salah satu bahasa paling populer di dunia. Banyak yang tertarik untuk mempelajari Python karena kemudahannya dalam dipahami dan kegunaannya yang luas dalam berbagai bidang, termasuk data science, web development, dan machine learning.


Namun, bagi mereka yang baru memulai, langkah pertama yang penting adalah belajar cara menjalankan skrip Python dengan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah dasar untuk menjalankan skrip Python di berbagai platform, mulai dari penggunaan terminal hingga IDE seperti Jupyter Notebook.


Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari dan dipahami. Langkah pertama dalam petualanganmu dengan Python adalah memahami bagaimana menjalankan skrip Python. Tidak perlu bingung, karena di sini kami akan membantu kamu memahami prosesnya dengan tutorial yang sederhana dan mudah diikuti.


Dengan pemahaman dasar ini, kamu akan siap untuk menjalankan skrip Python dan memulai perjalananmu dalam dunia pemrograman.


1. Penggunaan Terminal

Salah satu cara paling sederhana untuk menjalankan skrip Python adalah melalui terminal atau command prompt. Pertama, pastikan Python sudah terinstal di komputermu. Kemudian, buka terminal dan navigasi ke direktori di mana skrip Python kamu disimpan. Setelah itu, ketik perintah `python nama_file.py`, di mana `nama_file.py` adalah nama skrip Python yang ingin kamu jalankan. Tekan enter, dan skrip Python akan dieksekusi.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. IDE (Integrated Development Environment)

Python

Selain menggunakan terminal, kamu juga dapat menjalankan skrip Python melalui IDE seperti Jupyter Notebook. Jupyter Notebook adalah lingkungan pengembangan interaktif yang sangat populer di kalangan data scientist dan pengembang Python. Setelah menginstal Jupyter Notebook, buka aplikasinya dan buat notebook baru. Kemudian, tulis kode Python kamu di sel yang tersedia dan jalankan dengan menekan tombol "Run". Hasilnya akan ditampilkan di bawah sel.


3. Google Colab

Python

Alternatif lain untuk menjalankan skrip Python secara online adalah menggunakan Google Colab. Google Colab adalah layanan cloud yang menyediakan lingkungan Jupyter Notebook yang dapat diakses secara gratis. Cukup buka Google Colab di browsermu, buat notebook baru, lalu mulai menulis dan menjalankan kode Python seperti yang kamu lakukan di Jupyter Notebook.


4. Penggunaan Aplikasi Python

Python

Selain itu, beberapa aplikasi Python seperti PyCharm dan Visual Studio Code juga menyediakan fitur untuk menjalankan skrip Python dengan mudah. Cukup buka aplikasi, buka atau buat file Python, lalu tekan tombol "Run" atau gunakan pintasan keyboard yang disediakan untuk menjalankan skrip.


5. Pemahaman Lebih Lanjut

Setelah kamu menguasai cara menjalankan skrip Python, langkah selanjutnya adalah memahami lebih dalam tentang struktur kode Python, sintaksis, dan konsep dasar pemrograman. Kamu dapat mengikuti kursus Python yang tersedia di DQLab untuk memperdalam pemahamanmu tentang bahasa pemrograman yang powerful ini.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dikuasai oleh pemula, namun bukan berarti semua orang bisa menguasainya dengan gampang. 


Bootcamp Data Analyst with Python & SQL dari DQLab menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil oleh pemula. Bootcamp ini tentu saja akan memberikan kemudahan dalam proses belajar bagi mereka yang tidak pernah belajar Python dan SQL sama sekali. Setelah menyelesaikan materi-materi yang ada, peserta akan diminta untuk membuat portfolio data. Tentunya akan dibimbing penuh secara intensif untuk bisa menghasilkan portfolio data yang menarik.


Dengan terbatasnya peserta yang akan diterima dalam kelas ini, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan kesempatan menarik ini. Kapan lagi kamu akan mendapatkan bootcamp selengkap ini dengan hanya membayar 30 ribuan per pertemuan. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar dan jangan sampai kehabisan kuota.


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login