Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tutorial Penggunaan Macro VBA dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 04-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2023-09-05-122625_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan oleh berbagai kalangan. Microsoft excel adalah suatu bagian dari microsoft yang berbentuk spreadsheet. Microsoft excel ini digunakan untuk berbagai keperluan baik itu keperluan pribadi maupun perusahaan. Saat ini banyak orang ingin belajar menggunakan excel dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di dalamnya, salah satunya adalah belajar excel untuk programming topik macro atau VBA.


Teknologi yang semakin canggih kini memberikan berbagai keuntungan atau manfaat kepada penggunanya. Hal ini juga perlu diimbangi dengan skill atau kemampuan yang dimiliki oleh pengguna agar beriringan dengan kecanggihan teknologi yang terus berjalan.


Salah satu cara mengimbangi kecanggihan teknologi tersebut adalah dengan belajar bahasa pemrograman seperti excel. Microsoft excel yang dahulu populer hanya untuk tabulasi atau membantu perhitungan aritmatika saja kini telah banyak digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti belajar programming.


1. Apa Itu VBA

VBA  merupakan singkatan dari Visual Basic for Application merupakan turunan bahasa visual basic yang dikembangkan oleh Microsoft. VBA ini turunan bahasa pemrograman BASIC (Beginners’ All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz pada tahun 1963. VBA ini berisi kode-kode yang bisa digunakan untuk diskusi dan tanya jawab mengenai permasalahan excel. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Apa Itu Macro

Macro adalah otomas di Microsoft Excel yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas yang sifatnya berulang atau repetitif. Macro ini juga berfungsi untuk mengefisiensikan pekerjaan dalam membuat laporan pada Microsoft Excel hanya dengan sekali klik pada tombol macro. Macro merupakan baris-baris perintah yang mana pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman VBA. 


3. Langkah Belajar Macro VBA

Untuk lebih memahami penggunaan Macro VBA Excel, sebaiknya kita tahu langkah-langkah mempelajarinya, yaitu sebagai berikut:

  • membuat folder khusus belajar VBA Excel

  • menampilkan TAB developer

  • check security setting

  • setting trusted locations

  • menyimpan file dengan ekstensi yang tepat

  • membuka visual basic editor

  • membuat module baru

  • membuat macro pertama

  • menjalankan macro pertama


4. Pelatihan Belajar Macro VBA

Proses belajar Macro VBA dapat dipelajari melalui proses kursus melalui lembaga tertentu yang saat ini bisa dilaksanakan secara online. Sebagai contoh, VBA Macro dalam suatu lembaga memberikan materi pelatihan seperti pengenalan Microsoft Excel, pengenalan VBA, dasar-dasar pemrograman VBA, prinsip dasar VBA, kondisional dan perulangan pada VBA, pembuatan function menggunakan VBA, fungsi-fungsi matematika dan terapan, serta contoh-contoh pemrograman VBA.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel memiliki beragam fitur atau tools di dalamnya yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dasar-dasar excel bisa dipelajari di berbagai platform salah satunya DQLab.

 

DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login