Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tutorial Pernyataan Ganda di Excel, Praktikan Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 18-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2024-04-22-065853_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software yang paling banyak digunakan di dalam dunia kerja. Dengan menggunakan excel perusahaan bisa dengan mudah mengelola data dari yang paling sederhana sampai rumit. Excel juga bisa mengelola teks, membuat diagram maupun grafik. 


Dengan menggunakan excel, para pekerja juga bisa membuat pernyataan ganda dengan menggunakan fungsi IF. Fungsi IF ini digunakan untuk menentukan suatu kondisi di dalam kondisi lainnya. Pernyataan ganda pada excel sering digunakan untuk membuat logika yang lebih kompleks dalam pengolahan data.


Dengan menggunakan cara ini, kita bisa membuat rumus yang akan menghasilkan hasil yang berbeda tergantung pada berbagai faktor atau kondisi. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pernyataan ganda dan apa itu formula IF. Mari, kita simak pembahasannya!


1. Apa itu Rumus IF?

Rumus IF atau fungsi IF adalah salah satu rumus excel dalam kategori atau grup logis yang biasa digunakan untuk melakukan pengujian logika tertentu dalam rumus excel. Rumus IF adalah rumus siap pakai di dalam excel yang memiliki fungsi untuk mengembalikan nilai dengan berdasarkan kondisi benar atau salah. Sederhananya, rumus IF ini memiliki tujuan untuk memeriksa apakah suatu kondisi sudah terpenuhi. Rumus IF ini akan menghasilkan nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan sudah terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya jika uji logika atau kondisi tidak terpenuhi (FALSE).


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Argumen Dalam Rumus IF

Rumus IF pada excel bisa dilakukan dengan mengikuti penulisan rumus seperti berikut ini:

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)


Dari sintak diatas, kita bisa melihat bahwa rumus IF ini memiliki tiga buah argumen seperti:

  • Logical_test, yaitu suatu kondisi yang akan diuji, bisa dievaluasi sebagai benar atau salah. Argumen ini adalah kriteria acuan untuk menentukan nilai yang akan dihasilkan oleh rumus IF.

  • Value_if_true, yaitu nilai yang akan dikembalikan saat uji logika bernilai benar atau true, yaitu kondisi terpenuhi. Jika dihilangkan, argumen value_if_false harus ditentukan.

  • Value_if_false, yaitu nilai yang akan dikembalikan saat uji logika bernilai salah atau false, yaitu kondisi tidak terpenuhi. Jika, dihilangkan, argumen value_if_true harus ditentukan ulang.


3. Rumus Dasar IF 

Rumus IF di dalam excel ini bisa digunakan dengan menggunakan dua buah cara yaitu, IF tunggal dan IF ganda. Walaupun excel memungkinkan rumus IF ganda, namun sebaiknya hindari menumpuk rumus IF begitu banyak, hal ini akan memiliki kerentanan hasil yang tidak diharapkan.


Sebelum masuk ke dalam rumus dasar, kalian harus perhatikan setiap rumus dalam excel memerlukan tanda kurung buka dan kurung tutup “()”, termasuk rumus IF. Kalian akan menemukan warna tanda kurung yang berbeda jika terjadi rumus bertumpuk. Hal ini akan memudahkan kalian untuk mengecek kembali rumus yang dibuat.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Cara Menggunakan Pernyataan Ganda

Untuk menggunakan pernyataan ganda, kalian bisa menyimak contoh berikut ini. Misal, kalian ingin menentukan nilai “Lulus” jika nilai lebih besar dari atau sama dengan 70 dan “Gagal” jika nilai kurang dari 70. Kalian bisa menuliskan formula IF pada kolom lulus/tidak lulus.

Excel


Untuk menerapkan semua fungsi IF ini kalian cukup select kolom lulus/tidak lulus, kemudian drag hingga cell terakhir maka cell akan terisi secara otomatis.

Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login