SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 22 Menit 15 Detik

Tutorial Rumus Excel RAND dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2211f437-fc5a-46c8-b90a-f1b0dfe41d23-2023-06-13-191729_x_Thumbnail800.jpeg

Belakangan ini, rumus Excel menjadi salah satu cara untuk efisiensi kerja seorang praktisi data. Excel sebagai software pengolah angka menyediakan berbagai rumus untuk membantu dalam melakukan pengolahan data. Salah satunya adalah dengan menggunakan fungsi RAND pada Microsoft Excel. Fungsi RAND merupakan formula yang digunakan untuk membuat angka acak desimal dari 0 hingga 1. Apabila sel diperbarui atau perhitungan dijalankan, fungsi RAND() akan menghasilkan angka acak baru. 


Ketika kamu ingin belajar Microsoft Excel maka kamu perlu tahu fungsi yang satu ini. Fungsi RAND memang terbilang jarang digunakan, namun ada baiknya kamu perlu tahu juga. Fungsi RAND punya dua versi, pertama yaitu fungsi RAND dan fungsi RANDBETWEEN. Excel memiliki dua fungsi yaitu fungsi RAND dan RANDBETWEEN. Dua fungsi ini bisa dipakai untuk membuat angka acak diantara 0 dan 1 maupun angka yang lebih besar. Bisa dalam bentuk puluhan serta ratusan ke atas maupun angka-angka acak pada range tertentu. 


Fungsi RAND juga bisa dipakai untuk membuat angka acak berupa bilangan desimal dan bilangan asli. Keduanya bisa disebut dengan Random Generator atau pembuat angka acak di MS Excel. Biasanya dipakai untuk keperluan suatu audit, sampling, atau sekedar untuk mengumumkan pemenang undian. Apakah kamu penasaran dengan fungsi ini jika diaplikasikan dalam ChatGPT? Nah, kamu simak artikel selengkapnya berikut ini yuk sahabat DQLab!


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


1. Apa itu Fungsi RAND

Fungsi RAND() pada Excel adalah salah satu fungsi bawaan yang digunakan untuk menghasilkan angka acak antara 0 dan 1. Setiap kali sel diperbarui atau perhitungan dijalankan, fungsi RAND() akan menghasilkan angka acak baru.


Sintaksis dari fungsi RAND() sangat sederhana:

Excel


Hasil dari fungsi RAND() adalah angka desimal acak di antara 0 dan 1. Misalnya, hasilnya bisa menjadi 0,325497 atau 0,876543. Setiap kali Anda memperbarui atau menghitung ulang sel yang mengandung fungsi RAND(), angka acak baru akan dihasilkan.


2. Pentingnya Penggunaan Fungsi RAND

Fungsi RAND() pada Excel memiliki beberapa kegunaan penting dalam pengolahan data. Berikut adalah beberapa alasan mengapa fungsi RAND() penting:

Excel

Sumber Gambar: Kelas Excel

Simulasi dan pengujian: Fungsi RAND() sangat berguna dalam simulasi dan pengujian data. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menghasilkan angka acak yang mewakili variasi atau kejadian acak dalam data. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk menguji model atau skenario dengan data acak yang realistis.


Pengambilan sampel: Fungsi RAND() digunakan secara luas dalam pengambilan sampel acak dari data. Anda dapat menghasilkan angka acak dengan menggunakan fungsi ini untuk memilih baris atau kolom acak dari rentang data tertentu. Hal ini berguna, misalnya, dalam mengambil sampel acak untuk analisis statistik atau pengujian.


Pengacakan data: Fungsi RAND() digunakan untuk mengacak urutan data dalam lembar kerja Excel. Ini bermanfaat ketika Anda perlu mengacak daftar atau mengurutkan data secara acak untuk tujuan tertentu, seperti pengocokan kartu, pembagian kelompok secara acak, atau permainan acak lainnya.


Pembangkitan angka acak: Fungsi RAND() dapat digunakan dalam kombinasi dengan rumus lain untuk menghasilkan angka acak dalam rentang tertentu. Dengan menggunakan rumus yang sesuai, Anda dapat menghasilkan angka acak antara nilai terendah dan nilai tertinggi yang Anda tentukan.


Visualisasi data: Fungsi RAND() juga dapat digunakan untuk menghasilkan grafik atau visualisasi data yang berisi elemen acak. Ini dapat memberikan variasi visual yang menarik dan membantu mewakili data secara acak dalam presentasi atau laporan.


3. Skenario Fungsi RAND

Fungsi RAND() berguna dalam berbagai skenario, seperti:

Excel

Sumber Gambar: Computer 1001


Pengujian dan simulasi: Fungsi RAND() digunakan untuk menghasilkan data acak dalam skenario pengujian atau simulasi.


Pembuatan angka acak: Anda dapat menggunakan fungsi RAND() dalam kombinasi dengan rumus lain untuk menghasilkan angka acak di antara rentang tertentu.


Pengaturan acak: Fungsi RAND() dapat digunakan untuk mengacak urutan data dalam lembar kerja Excel.


Perlu dicatat bahwa karena fungsi RAND() menghasilkan angka acak setiap kali sel diperbarui atau perhitungan dilakukan, jika Anda ingin mengunci angka acak tersebut, Anda perlu menyalin nilai dan men-paste sebagai nilai saja.


4. Contoh Fungsi RAND dengan ChatGPT

Untuk menghasilkan angka acak dalam Excel, Anda dapat menggunakan fungsi RAND(). Fungsi RAND() menghasilkan angka acak antara 0 dan 1 setiap kali sel diperbarui.


Jika Anda ingin menghasilkan angka acak di antara rentang tertentu, Anda dapat menggunakan rumus yang melibatkan fungsi RAND(), seperti contoh berikut:


Excel


Anda perlu mengganti "nilai_tertinggi" dengan angka tertinggi yang Anda inginkan, dan "nilai_terendah" dengan angka terendah yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menghasilkan angka acak antara 1 dan 100, Anda dapat menggunakan rumus berikut:


Excel


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus Data Science online bersama DQLab! Kebetulan DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT & mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar data science sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Dijamin bakalan seru abis. Yuk langsung aja belajar bareng di DQLab yaa!

Penulis: Reyvan Maulid






Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login