PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 47 Menit 23 Detik

Variasi Coding Python Simpel dengan Fungsi CONCAT()

Belajar Data Science di Rumah 12-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-06-13-212305_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan serbaguna, digunakan dalam berbagai bidang mulai dari pengembangan web hingga analisis data. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam Python adalah concat(). Meskipun Python sendiri memang tidak menyediakan fungsi khusus concat, kamu bisa mengimplementasikan dan memahami konsep ini melalui berbagai cara untuk melakukan penggabungan data.


Berikut adalah empat variasi sederhana penggunaan konsep concat() di Python. Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Menggabungkan String dengan Operator “+”

Salah satu cara paling dasar untuk menggabungkan string di Python adalah dengan menggunakan operator +. Ini adalah cara yang mudah dan intuitif untuk menggabungkan dua atau lebih string. Berikut adalah contoh kode dengan menggabungkan string dengan operator “+”. 

Python

Pada contoh di atas, fungsi concat_strings menggabungkan dua string dengan menggunakan operator +. Hasilnya adalah string gabungan yang terdiri dari str1 dan str2.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggabungkan Daftar (List) dengan Operator ‘+’

Selain string, kita juga bisa menggabungkan daftar (list) dengan menggunakan operator +. Ini berguna ketika kita ingin menggabungkan dua atau lebih list menjadi satu list. Berikut adalah contoh kodenya:

Python

Fungsi concat_lists menggabungkan dua list list1 dan list2 dengan menghasilkan list baru yang berisi elemen dari kedua list tersebut.


3. Menggabungkan DataFrame dengan ‘pd.concat()’

Untuk data analisis dan manipulasi data, kita sering menggunakan pandas, sebuah library Python yang kuat. Fungsi pd.concat() digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih DataFrame. Berikut adalah contoh kode dataframe dengan fungsi pd.concat()

Python


Python

Pada contoh ini, pd.concat() menggabungkan df1 dan df2 secara vertikal. Hasilnya adalah DataFrame yang baru dengan menggabungkan baris dari kedua DataFrame tersebut.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menggabungkan Dictionary dengan Operator ‘|’

Python 3.9 memperkenalkan operator | untuk menggabungkan dua dictionary. Ini adalah cara yang sederhana dan efisien untuk menggabungkan dictionary. Berikut adalah contoh kode variasi concat() dengan menggunakan operator |

Python

Dengan menggunakan operator |, kita dapat menggabungkan dict1 dan dict2 menjadi satu dictionary yang berisi semua pasangan kunci-nilai dari kedua dictionary tersebut.


Konsep concat() di Python dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk sesuai dengan tipe data yang kita gunakan. Dari menggabungkan string dan list menggunakan operator +, menggabungkan DataFrame dengan pd.concat(), hingga menggabungkan dictionary dengan operator |, semuanya memberikan cara yang efisien untuk menggabungkan data. Variasi ini menunjukkan fleksibilitas dan kekuatan Python dalam memanipulasi dan mengelola data.


Gimana nih sahabat DQLab? Udah paham kan soal penggunaan fungsi concat() yang biasanya ada dalam bahasa pemrograman Python? Kalau belum paham, nggak usah khawatir. Kamu bisa belajar lebih dalam soal bahasa pemrograman Python lewat Bootcamp Data Analyst with SQL dan Python! Terus apa saja manfaatnya?


  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login