Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Variasi Operasi String Split Python, Yuk Dicoba!

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8c67f0f86c2e51e7e16c1163d4775b35_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menawarkan banyak operasi untuk melakukan pengolahan dan analisis data. Salah satu operasi Python yang sering dipakai adalah string split python. String split Python adalah operasi yang melibatkan string atau data berbentuk teks. Fungsi string split dalam Python merupakan fungsi yang cukup sering digunakan, dimana kita bisa membagi string yang panjang menjadi string yang lebih kecil. 


Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Python adalah kemampuan untuk memanipulasi string. Ada banyak metode yang tersedia dalam Python untuk memanipulasi string, dan salah satunya adalah metode string split. Metode string split adalah salah satu cara untuk memecah string menjadi beberapa bagian berdasarkan delimiter tertentu. Pada artikel kali ini, kita akan membahas variasi operasi dalam string split Python. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikelnya berikut ini!


1. Formula Dasar String Split Python

Sebelum kita membahas tentang cara menggunakan multiple delimiter dalam metode string split di Python, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu metode string split itu sendiri. Metode string split adalah sebuah metode yang digunakan untuk memecah sebuah string menjadi beberapa bagian berdasarkan delimiter tertentu. Contohnya, kita memiliki string sebagai berikut:

Python

Kita bisa memecah string tersebut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan metode string split seperti ini:

Python

Hasilnya akan menjadi seperti ini:

Python

Kita bisa melihat bahwa metode string split memecah string menjadi beberapa bagian berdasarkan delimiter koma (","). Hasilnya adalah sebuah list yang berisi beberapa string yang dipisahkan oleh delimiter tersebut.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL 


2. String Split Python dengan Multiple Delimiter

Sekarang, kita akan membahas tentang cara menggunakan multiple delimiter dalam metode string split di Python. Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, metode string split hanya bisa menerima satu delimiter dalam satu kali pemanggilan. Kedua, jika kita ingin menggunakan multiple delimiter, kita harus memanggil metode string split beberapa kali dengan delimiter yang berbeda.


Berikut adalah contoh kode untuk memecah string "A-B+C/D" menjadi beberapa bagian berdasarkan delimiter "-", "+", dan "/":

Python

Kode di atas akan menghasilkan output seperti ini:

Python

Pada contoh di atas, kita menggunakan loop for untuk memanggil metode string split beberapa kali dengan delimiter yang berbeda. Setelah itu, kita menggunakan metode join untuk menggabungkan semua string yang telah dipisahkan dengan delimiter dan mengubahnya menjadi satu string dengan delimiter spasi. Terakhir, kita memanggil metode split lagi untuk memecah string tersebut berdasarkan delimiter spasi dan menghasilkan sebuah list yang berisi beberapa string yang telah dipisahkan.


3. Metode Splitlines pada String Split Python

Metode splitlines pada Python adalah metode yang digunakan untuk memecah sebuah string menjadi beberapa bagian berdasarkan baris baru atau newline. Sebuah baris baru atau newline dapat dinyatakan dengan karakter " " atau " " tergantung pada platform atau sistem operasi yang digunakan.


Berikut ini adalah contoh kode sederhana yang menggunakan metode splitlines untuk memecah string menjadi beberapa baris:

Python

Output yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

Python

Kita bisa melihat bahwa metode splitlines berhasil memecah string menjadi beberapa baris dan menghasilkan sebuah list yang berisi beberapa string.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. String Split dengan Argument "keepends"

Ketika kita menggunakan metode splitlines pada Python, kita juga bisa menambahkan argument "keepends". Argument ini dapat diatur sebagai True atau False, dan berguna untuk mempertahankan atau menghapus karakter baris baru ( atau ) dalam setiap baris yang dipisahkan.


Berikut ini adalah contoh kode sederhana yang menggunakan argument "keepends" pada metode splitlines:

Python

Output yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

Python

Kita bisa melihat bahwa pada output di atas, karakter baris baru ( ) pada setiap baris masih dipertahankan karena kita menggunakan argument "keepends" dengan nilai True.


Secara keseluruhan, Python sangat penting untuk persiapan karir di bidang teknologi informasi dan komputasi. Mempelajari Python dapat membuka peluang karir yang lebih luas dan menjanjikan, terutama di bidang Data Science, Machine Learning, dan pengembangan aplikasi web.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar Python dimana karena DQLab juga menyediakan modul Python yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab.id. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login