JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 39 Menit 54 Detik

Wajib Coba Algoritma Data Science Populer Berikut

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-05-2024-03-30-101337_x_Thumbnail800.jpg

Seiring perkembangan teknologi masa kini kita perlu terus mengupdate perkembangan ilmu jug, salah satunya adalah dengan adanya data science. Data science merupakan suatu bidang ilmu yang saat ini sangat populer dan dapat diterapkan di berbagai bidang ilmu.


Saat ini pun tersedia berbagai algoritma data science yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Data science ini terdiri dari berbagai bidang ilmu seperti matematika, statistika, manajemen bisnis, sistem informasi, bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini perkembangan internet menghasilkan begitu banyak informasi atau data sampai muncullah istilah big data. Big data adalah suatu


kumpulan data yang berukuran besar dan bisa terkumpul dalam waktu yang sangat cepat. Keberadaan big data ini perlu diproses atau dianalisis lebih lanjut menggunakan data science. Bahkan, kamu bisa mempermudah proses analisis data dengan menggunakan algoritma yang tersedia. Berikut beberapa algoritma data science yang bisa kamu coba! 


1. Algoritma Genetika

Algoritma genetika adalah suatu algoritma yang dikembangkan dari proses pencarian solusi menggunakan pencarian acak.Teknik ini seringkali digunakan untuk menemukan solusi optimal dari permasalahan yang mempunyai banyak solusi.


Algoritma genetika memiliki beberapa komponen seperti string bit, pohon, array bilangan real, daftar aturan, elemen permutasian, elemen program, dan lainnya. Algoritma genetika ini memiliki beberapa kelebihan seperti dapat melakukan optimasi masalah yang kompleks dan ruang pencarian yang sangat luas. 

Data Science

Sumber : Trivusi


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Naive Bayes Classifier

Naive Bayes Classifier merupakan salah satu algoritma data science yang termasuk ke dalam algoritma supervised learning. Algoritma Naive Bayes Classifier menggunakan dasar dari Teorema Bayes. Algoritma ini sering digunakan untuk proses pengklasifikasian yang menggunakan prinsip probabilitas.


Cara kerja secara singkatnya adalah dengan menghitung peluang dari satu kelas dari masing-masing kelompok atribut yang ada dan menentukan kelas yang mana yang paling optimal. Hal ini dapat diilustrasikan dengan rumus seperti di bawah ini.

Data Science

Sumber : Towards Data Science


3. Support Vector Machine

Support Vector Machine merupakan suatu algoritma data science yang sering pula digunakan untuk pengklasifikasian atau pengkategorian data. Algoritma ini ditemukan oleh Vladimir N. Vapnik dan Alexey Ya. Chervonenkis pada tahun 1963.


Cara kerja dari algoritma Support Vector Machine adalah mencari hyperplane atau fungsi pemisah yang terbaik dengan tujuan untuk memisahkan dua kelas atau lebih pada ruang input. Hyperplane ini dapat berupa garis pada dua dimensi atau bisa pula berupa flat plane pada multiple plane.

Data Science


4. Artificial Neural Network

Artificial neural network (ANN) atau biasa dikenal pula dengan algoritma jaringan syaraf tiruan (JST) merupakan algoritma yang cara kerjanya meniru cara kerja otak manusia. Algoritma in termasuk ke dalam deep learning. ANN dapat membantu komputer dalam membuat keputusan cerdas dengan minimnya bantuan manusia. Beberapa contoh aplikasi atau penerapan dari algoritma ni antara lain handwriting recognition dan facial recognition.

Data Science

Sumber : GeeksforGeeks


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Seorang praktisi data dalam melaksanakan tugasnya untuk mengolah data membutuhkan bantuan algoritma data science yang dapat menyesuaikan ketersediaan data dan tujuan penelitian. Dalam beberapa modul yang tersedia di DQLab kita bisa mempelajari beberapa algoritma dasar yang tersedia.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login