3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 4 Jam 0 Menit 0 Detik

Wajib Paham! Berikut Dasar VBA Excel

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2024-02-03-102338_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu tool yang sering digunakan karena mudah untuk melakukan analisis data, mengelola informasi, dan membuat laporan dengan mudah. Aplikasi ini pun juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman makro VBA (Visual Basic for Applications). VBA Excel merupakan fitur lanjutan untuk mengotomatisasi tugas-tugas di Excel, membuat fungsi kustom, dan mengembangkan aplikasi khusus berbasis Excel.


Bagi para pemula yang ingin memahami dasar-dasar VBA Excel, artikel ini akan memberikan panduan lengkap secara teori yang mudah diikuti. Dari sini, kalian akan lebih paham dan memiliki gambaran yang berkaitan dengan VBA. Sehingga ketika mengeksplor lebih lanjut, SahabatDQ sudah tidak bingung dengan fungsi dan metodenya. Mari kita mulai dan pelajari bersama!


1. Apa Itu VBA Excel

VBA (Visual Basic for Applications) Excel adalah bahasa pemrograman makro yang terintegrasi di dalam Microsoft Excel. VBA memungkinkan kalian untuk mengotomatisasi tugas-tugas di Excel, membuat fungsi kustom, dan mengembangkan aplikasi khusus berbasis Excel. Dengan VBA, SahabatDQ dapat mengolah data, menghitung hasil, dan melakukan tugas-tugas rutin dengan lebih efisien dan mudah.


VBA juga terintegrasi secara menyeluruh dengan Excel, sehingga memungkinkan akses langsung ke elemen-elemen di dalam lembar kerja (worksheet), buku kerja (workbook), serta objek-objek Excel lainnya seperti grafik, tabel, dan diagram. Dengan VBA, kalian juga dapat mengakses dan mengendalikan fitur-fitur lanjutan Excel yang tidak dapat diakses melalui interface pengguna standar. Jadi, kalian bisa mengoptimalkan kinerja Excel.


VBA Excel tidak hanya berguna untuk mengotomatisasi tugas harian, tetapi juga memungkinkan kalian untuk mengembangkan aplikasi khusus berbasis Excel. SahabatDQ dapat membuat aplikasi yang lebih kompleks dengan menggunakan formulir kustom (UserForm) untuk interaksi dengan pengguna.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Dasar-dasar VBA Excel

Excel


Mari kita berkenalan dengan istilah variabel. Variabel adalah tempat untuk menyimpan data dalam memori saat program dijalankan. Sebelum kalian dapat menggunakan variabel dalam VBA, SahabatDQ perlu mendeklarasikannya dengan menyebutkan tipe datanya. Beberapa tipe data umum dalam VBA antara lain:

  • Integer: Untuk menyimpan bilangan bulat, seperti 1, 100, -50, dst. (tipe data "Integer" memiliki rentang nilai terbatas).

  • Long: Untuk menyimpan bilangan bulat yang lebih besar daripada tipe data "Integer".

  • Double: Untuk menyimpan bilangan desimal atau pecahan, seperti 3.14, 2.718, dst.

  • String: Untuk menyimpan teks atau rangkaian karakter, seperti "Hello", "Excel", dst.

  • Boolean: Untuk menyimpan nilai kebenaran, yaitu True (benar) atau False (salah).


Selanjutnya, kenali struktur di VBA. Setiap program VBA memiliki struktur dasar yang terdiri dari beberapa elemen utama:

  • Subrutin (Sub): Subrutin adalah blok kode yang berisi serangkaian pernyataan yang akan dijalankan secara berurutan ketika subrutin tersebut dipanggil. Subrutin sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mengeksekusi serangkaian perintah.

  • Fungsi (Function): Fungsi dalam VBA mirip dengan Subrutin, tetapi berbeda dalam cara mereka mengembalikan nilai. Fungsi mengembalikan nilai dengan menggunakan pernyataan "Return" dan biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan atau operasi tertentu dan mengembalikan hasilnya.

  • Komentar: Komentar adalah teks yang tidak akan dieksekusi oleh program, tetapi berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang kode yang ditulis. 


3. Mengenal Objek dan Metode di VBA

Objek adalah entitas dalam aplikasi yang mendukung VBA yang memiliki properti dan metode yang dapat diakses dan dimanipulasi. Dalam konteks VBA Excel, contoh objek termasuk lembar kerja (worksheet), buku kerja (workbook), sel (cell), grafik (chart), dan sebagainya. Objek-objek ini dapat diakses untuk memanipulasi data dan elemen-elemen lainnya di Excel.


Metode adalah tindakan atau fungsi yang dapat kalian lakukan pada objek untuk melakukan tugas tertentu. Ketika kalian memanggil metode pada suatu objek, artinya sedang memberikan perintah kepada objek untuk melakukan tindakan tersebut. Metode sering digunakan untuk memanipulasi data, menghitung nilai, mengganti format, dan melakukan tindakan lainnya pada objek.


Dalam VBA, kalian akan sering berinteraksi dengan objek-objek Excel dan memanipulasinya menggunakan metode. Metode membantu kalian untuk mengakses dan mengubah data, mengelola format, dan menjalankan berbagai tugas lainnya yang dibutuhkan dalam analisis dan pengolahan data menggunakan Excel.


Untuk menggunakan objek dan metode dengan benar, penting untuk memahami struktur objek dan metode yang ada di aplikasi yang digunakan, seperti Excel. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan bantuan fitur Intellisense dalam environment pengembangan VBA (seperti Microsoft Visual Basic for Applications) untuk melihat daftar objek dan metode yang tersedia ketika menulis kode.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Beberapa Fungsi di VBA

Excel

Sumber gambar: wallstreetmojo


VBA (Visual Basic for Applications) menyediakan berbagai fungsi bawaan yang sangat berguna untuk melakukan berbagai perhitungan dan manipulasi data di Excel. Berikut adalah beberapa fungsi penting yang sering digunakan dalam VBA:

1. Fungsi Matematika Dasar

  • Abs: Mengembalikan nilai absolut (nilai positif) dari suatu bilangan.

  • Round: Membulatkan suatu bilangan ke angka desimal tertentu.

  • Int: Mengembalikan bagian bulat dari suatu bilangan.

2. Fungsi String

  • Len: Mengembalikan jumlah karakter dalam sebuah teks.

  • UCase: Mengubah teks menjadi huruf kapital.

  • LCase: Mengubah teks menjadi huruf kecil.

3. Fungsi Tanggal dan Waktu

  • Date: Mengembalikan tanggal sistem saat ini.

  • Now: Mengembalikan tanggal dan waktu saat ini.

  • Format: Mengubah format tampilan tanggal dan waktu.

4. Fungsi Logika:

  • If...Then...Else: Menggunakan dalam pernyataan kondisional.

  • And, Or, Not: Operator logika untuk menggabungkan dan membandingkan kondisi.

5. Fungsi Agregasi:

  • Sum: Menghitung jumlah dari sejumlah sel atau rentang sel.

  • Average: Menghitung nilai rata-rata dari sejumlah sel atau rentang sel.

  • Count: Menghitung jumlah sel yang mengandung data di dalam suatu rentang sel.


Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut secara praktiknya dengan berbagai macam studi kasus? 

Excel

Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :