PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 13 Menit 52 Detik

Wajib Tahu! Ini Ragam Skill Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f5dfa702b780391dc495f4368060eb31_x_Thumbnail800.jpeg

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin canggih, membuat banyak sekali profesi yang berkaitan dengan teknologi salah satunya di bidang pengolahan data. Profesi ini ada beberapa jenisnya seperti Data engineer, data scientist, dan juga data analyst. Disini kita akan membahas tentang data engineer, karena masih banyak orang yang belum memahami dan mengerti dengan apa itu data engineer, tugas, tanggung jawabnya, dan juga macam-macam skill data engineer yang perlu diketahui.


Definisi dari Data engineer adalah salah satu profesi yang bergerak dalam bidang data yang bertanggung jawab dalam infrastruktur data, mengumpulkan data, mengembangkan data dan juga memelihara data. Nantinya data engineer akan bekerja sama dengan beberapa profesi lain seperti bekerja sama dengan data scientist dan data analyst. Untuk bisa memaksimalkan tugas dan juga tanggung jawabnya, seorang data engineer harus memiliki berbagai macam kemampuan yang perlu diketahui dan dikuasai. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja skill yang perlu diketahui data engineer!


1. Pemahaman Bahasa Pemrograman Dasar

Bisa dibilang profesi data engineer adalah salah satu karier speasialisasi dari software engineering. Jadi, kalian harus mengetahui dan memahami skill-skill bahasa pemrograman seperti SQL, Python, Java, dan lain sebagainya. Skill bahasa pemrograman ini diperlukan untuk bisa mengakses, mengambil sebuah data, menjalankan query, atau bisa menghapus data di dalam sebuah database. Selain hal tersebut, skill yang cukup penting untuk dikuasi dan diketahui adalah system scripting. System scripting ini beguna untuk supaya data yang kita punya bisa lebih mudah untuk dibaca dan juga diproses. Alhasil membuat kode yang sudah dibuat untuk bisa langsung dijalankan sebagai program.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Algoritma dan Struktur Database

Salah satu kefokusan kerja untuk seorang data engineer adalah untuk menyaring dan juga mengoptimalkan data. Jadi, dengan mengetahui pemahaman dasar tentang algoritma akan membantu untuk memahami fungsi data organisasi secara keseluruhan. Memahami algoritma ini dapat membantu kalian untuk menentukan tujuan akhir dari sebuah masalah bisnis yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Dengan skill ini seorang data engineer dapat memindahkan sebuah data. Jadi nantinya seorang data engineer akan lebih banyak menggunakan database. Teknologi database yang biasa digunakan oleh data engineer adalah SQL dan NoSQL. Kedua software ini digunakan untuk memodelkan data yang sudah ditentukan oleh hubungan, salah satu contohnya adalah data pesanan pelanggan.


3. Skill API

Skill selanjutnya adalah seorang data engineering harus mampu menguasai skill API, API itu sendiri adalah sebuah interface perantara yang menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya yang dapat mengakses data. Contohnya adalah sebuah perusahaan ingin membuat aplikasi yang membutuhkan kamera untuk mengambil sebuah foto ataupun video, nah dengan menggunakan API ini developer tidak memerlukan coding atau membuat program baru dari nol. Fungsi API pada kasus ini adalah untuk memungkinkan developer bisa mengakses kamera tersebut secara langsung pada aplikasi, tanpa perlu repot lagi membuat software untuk kamera dan lain sebagainya. Nah, nantinya seorang data engineer bertugas untuk membangun API dalam basis data untuk bisa memungkinkan data scientist dan juga business intelligence analyst untuk melakukan query data.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Cloud Computing

Selanjutnya data engineer harus mampu menguasai cloud computing. Definisi cloud computing ini adalah melakukan suatu metode penyampaian layanan melalui internet. Karena data engineer ini bertanggung jawab untuk melakukan penyimpanan dan juga pengolahan data mentah menjadi data yang utuh. Oleh sebab itu data engineer ini perlu memiliki skill cloud computing dan juga benar-benar mampu memahami cara kerjanya. Dengan begitu, data engineer bisa menyimpan maupun mengakses data dari berbagai platform lalu dalam query dan dianalisis. 


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login