PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 19 Jam 26 Menit 39 Detik

Wajib Tahu, Ini 4 Fakta Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-07-2023-11-10-134959_x_Thumbnail800.jpg

Azure machine learning menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh praktisi data untuk mengembangkan model ML. Selain mudah digunakan dan terjamin keamanannya oleh Microsoft, sistem ini juga memiliki fakta-fakta menarik lainnya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas empat fakta penting yang wajib kalian ketahui tentang Azure ML.


Jadi, sebelum mengandalkannya sebagai tools analisis data, kalian sudah memiliki gambaran dasar bagaimana karakteristik platform satu ini. Cari tahu fakta-fakta tersebut di sini!


1. Platform Cloud Microsoft

Machine Learning

Azure machine learning merupakan salah satu produk unggulan milik Microsoft Azure, sebuah platform cloud yang menyediakan berbagai layanan komputasi, analisis data, kecerdasan buatan, dan banyak lagi. Sebagai bagian dari platform Azure, Azure ML membantu kalian untuk membangun, melatih, dan menerapkan model machine learning dengan mudah dan efisien.


Salah satu keunggulan utama Azure Machine Learning adalah mampu mengakses sumber daya komputasi tanpa perlu mengelola infrastruktur dalam bentuk fisik. Jadi, dengan menggunakan layanan cloud, kalian dapat menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan pengaturan dan pemeliharaan server dan infrastruktur lokal. 


Selain itu, Azure ML juga menyediakan skalabilitas yang memungkinkan kalian untuk cepat menyesuaikan kapasitas komputasi sesuai dengan kebutuhan proyek. Selain itu, Azure Machine Learning juga menyediakan berbagai fitur keamanan yang dilindungi cloud Microsoft. Sehingga kalian dapat mengandalkan tingkat keamanan data yang diberikan sistem ini. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Mendukung Berbagai Algoritma

Machine Learning

Azure Machine Learning menyediakan beragam algoritma machine learning yang dapat digunakan oleh para praktisi data dan developer. Mulai dari algoritma klasifikasi seperti Decision Trees dan Random Forests, hingga algoritma regresi, clustering, dan reinforcement learning.


Dengan ini, kalian bisa memilih algoritma yang paling sesuai dengan proyek yang sedang dijalankan dan karakteristik data yang dimiliki.


Selain menyediakan berbagai algoritma standar, Azure Machine Learning juga mendukung algoritma machine learning kustom yang dapat dikembangkan sendiri. Artinya, kalian bisa mengimplementasikan algoritma khusus sendiri atau mengadaptasi algoritma yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan proyek.


Fleksibilitas ini sangat penting karena kalian dapat mengeksplorasi ide-ide baru dan mengembangkan solusi machine learning yang inovatif.


3. Menyediakan Fitur AutoML

Machine Learning


Fitur AutoML Azure Machine Learning membantu kalian untuk mengotomatiskan sebagian besar tahapan dalam pengembangan model machine learning, mulai dari pemrosesan data hingga setting parameter dan pemilihan model terbaik.


Dengan menggunakan AutoML, kalian dapat menghemat waktu yang biasanya dibutuhkan untuk eksperimen manual dan setting parameter, sehingga kalian bisa fokus pada pemahaman konteks bisnis dan interpretasi hasil model.


Fitur AutoML Azure Machine Learning juga menyediakan kemampuan untuk memilih model terbaik. Algoritma AutoML akan menguji beberapa model machine learning dengan berbagai konfigurasi dan memilih model yang memberikan hasil terbaik sesuai dengan metrik evaluasi yang dipilih, seperti akurasi, presisi, atau recall.


Dengan menggunakan fitur AutoML, kalian dapat dengan cepat dan efisien mengembangkan model machine learning.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Integrasi dengan Layanan Microsoft

Machine Learning

Dalam ekosistem Azure, Azure Machine Learning dapat diintegrasikan dengan tools pengolahan data seperti Azure Data Factory, yang membantu mengelola dan mengotomatiskan alur kerja data dengan mudah.


Kalian juga dapat mengintegrasikan hasil dari model machine learning ke Power BI, alat visualisasi data dari Microsoft, untuk membuat laporan interaktif dan dasbor berbasis data yang informatif. Integrasi dengan layanan Microsoft juga memudahkan adanya kolaborasi tim. Kalian bisa berbagi hasil model, data, dan insight dengan anggota tim lainnya menggunakan Microsoft Teams atau SharePoint.


Untuk bisa menggunakan tools canggih Azure ML, dibutuhkan pemahaman dasar dulu tentang Machine Learning di tahap awal. Dimana ya tempat belajar yang tepat untuk mengasah skill tersebut? DQLab adalah jawabannya.


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT.


Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menguasai machine learning! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login