Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Wajib Tahu! Tutorial Sederhana SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2024-03-20-175515_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi di dalam database relasional. Database relasional ini menyimpan informasinya di dalam bentuk tabel dengan baris dan kolom yang mewakili atribut data yang berbeda serta sebagai hubungan antara nilai data. SQL juga bisa digunakan untuk membuat sebuah database, mengubah isinya, dan juga menghapus datanya. 


SQL memiliki banyak sekali perintah, salah satu perintah yang cukup sering dipakai adalah Group By. Perintah ini memiliki fungsi untuk melakukan penggabungan atau pengelompokkan data yang ada pada SQL Server. Pada artikel kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara menggunakan perintah Group By ini. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Statement SQL Group By

Perintah SQL Group By ini digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama yang ada di dalam daftar bidang tertentu menjadi satu buah data. Perintah SQL Group By ini juga cukup sering menggunakan beberapa jenis fungsi agregat seperti count, max, min, sum, dan avg untuk mengelompokkan hasil yang sudah ada di dalam satu buah kolom atau lebih.


Untuk sintaks dari SQL Group By ini seperti di bawah ini:


SELECT column1, column2, ... 

FROM table 

GROUP BY columnA, columnB, ...;


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. SQL Group By dengan Fungsi Count

Untuk menggunakan SQL Group By ini kalian bisa menggunakan dan juga mengkombinasikannya dengan fungsi agregat Count. Contohnya seperti kita ingin mengelompokkan baris dengan berdasarkan kolom negara dan ingin menghitung berapa jumlah customer yang memiliki nilai sama atau memiliki data negara yang sama.


Lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh gambar di bawah ini:

SQL


3. SQL Group By dengan Fungsi SUM

SQL Group By juga bisa kalian kombinasikan dengan fungsi lainnya seperti fungsi SUM. Disini kita mengambil contoh, kita ingin mengelompokkan data dengan berdasarkan jumlah yang dibelanjakan oleh setiap pelanggan. Nantinya, SQL akan merangkum jumlah setelah mengelompokkan baris demi baris dari kolom id pelanggan.


Untuk contohnya kasusnya seperti gambar di bawah ini:

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. SQL Group By dengan Fungsi JOIN

Selain menggunakan fungsi SUM dan juga COUNT, kalian juga bisa menggunakan SQL Group By ini dengan mengkombinasikan fungsi agregat JOIN. Pada contoh kita kali ini perintah SQL akan bergabung dengan tabel pelanggan dan pesanan dan mengelompokkan hasil yang sudah ditetapkan dengan tabel id_pelanggan. Hal tersebut akan memberikan kita jumlah pesanan yang dilakukan oleh para pelanggan.


Untuk contohnya kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini:

SQL


Belajar konsep fundamental SQL menarik  DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login