PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 16 Menit 36 Detik 

Waktu Adalah Ilmu! Intip Tips & Triks Dharma Yuk

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4fd2d04886696fb5c757c38eb040d9f4_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang mahasiswa Data Science, rupanya tak membuat Dharma Setiawan yang kini berkuliah di The Chinese University of Hong Kong ini puas diri akan kemampuannya di bidang data. Ia justru tertantang untuk menggali lebih banyak ilmu di luar perkuliahannya.


Salah satunya adalah mengikuti program beasiswa DQLab, Tetris Batch 2. Dharma pun mengikuti kegiatan beasiswa dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan kesempatan internship sebagai Data Scientist di salah satu bank swasta, Bank Central Asia (BCA).


Sebagai mahasiswa semester 5 yang juga mulai aktif menjalani program internship, Dharma mengaku tertantang untuk bisa mengatur manajemen waktunya dengan baik. Diawali dengan mengikuti perkuliahan sambil beraktivitas sebagai karyawan magang, mulai pagi hingga sore hari, dilanjut dengan kegiatannya menjadi tutor dan consulting. Meski terlihat padat, ia mengaku sangat menikmati kesibukannya saat ini.


Lalu, apa ya alasan awal Dharma mengikuti Tetris Batch 2?


1. Tertarik Ikut Tetris karena Teman

Diakui olehnya, awal mula Dharma mengikuti Tetris karena ada salah satu temannya bernama Joseph Ariel mengikuti Tetris pada Batch pertama. Hal itulah yang kemudian membuatnya terdorong untuk juga ikut tergabung dalam Tetris Batch 2. Ditambah dengan adanya kesempatan internship yang ditawarkan DQLab di akhir program bagi peserta yang memenuhi syarat tertentu.


Selama mengikuti Tetris, Dharma mengaku baru pertama kali menggunakan Pentaho. Tentu ini menjadi ilmu baru baginya. Di sini ia juga mendapatkan materi baru mengenai SQL pada pertemuan 1 sampai 7. Sebetulnya, ia sudah mendapatkan materi-materi dasar SQL di perkuliahan. Di Tetris inilah ia mengaku mendapatkan banyak ilmu baru. Ia merasa beruntung karena dapat upgrade pengetahuannya di sini.


Baca juga: Lulus Program Beasiswa Tetris, Afdal Berhasil Alih Profesi di Astra


2. Burnout saat Belajar

Merasa burnout atau lelah saat belajar tentu hal yang wajar. Sebab, tidak selamanya proses pembelajaran berjalan mulus dan setiap orang akan menghadapi kerikilnya masing-masing. Sama seperti Dharma, ia pun tak menampik soal itu. Tapi salah satu cara agar semangatnya kembali bangkit adalah ingat dengan tujuan awal.


“Lama-lama terbiasa dengan burnout, karena semua yang saya lakukan ada tanggung jawabnya, jadi saya harus tetap selesaikan sampai akhir,” begitu katanya.


Meski tak jarang merasa burnout, Dharma mengaku menikmati perjalanan ini. Menurutnya, ia bisa mendapat kesempatan internship seperti saat ini juga merupakan buah hasil perjalanan yang selama ini telah ia tempuh.


3. Tips Berkarir di Tengah Kesibukan sebagai Mahasiswa

Sahabat DQ, Dharma punya tips nih buat kalian para mahasiswa yang juga ingin memiliki pengalaman internship! Yang pertama, kurangi waktu bermain game. Bahkan kalau bisa jangan, menurutnya bermain game menghabiskan waktu produktif kalian. Lebih baik, gunakan waktu kalian untuk hal-hal yang lebih bernilai ya, Sahabat DQ!


Masih soal waktu nih, Sahabat DQ! Dharma mengatakan setiap orang bisa menentukan sukses atau tidak, itu semua tergantung bagaimana ia menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk mengisi dengan kegiatan yang juga mengarah pada hal yang positif.


Apalagi seperti Dharma, mahasiswa semester 5 yang tentu sudah sibuk dengan perkuliahannya. Jadi, Sahabat DQ yang ingin mengikuti jejak Dharma, jangan sia-siakan waktu kalian ya!


Baca juga: Berhasil Dapatkan Internship sebagai Data Engineer Melalui Beasiswa Tetris


4. Pesan Dharma untuk Sahabat DQ!

Sahabat DQ, tidak ada salahnya kan berbagi? Dharma punya pesan-pesan nih untuk Sahabat DQ. Yang pertama selalu usahakan untuk terus upgrade dan update. Sebab ilmu terus bertambah dan pengalaman juga harus selalu diperbanyak.


Kemudian, mulailah untuk membangun self branding kalian di media sosial, seperti di LinkedIn dan Github. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak showcase kompetensi diri kalian yang nantinya akan menjadi jendela utama bagi perusahaan maupun para perekrut.


Sahabat DQ, yuk persiapkan diri kalian dari sekarang. Seperti yang dikatakan Dharma, alangkah baiknya jika kita bisa menghabiskan waktu kita dengan hal-hal bermanfaat yang bisa menambah ilmu dan kebaruan dalam diri kita. Buat Sahabat DQ yang ingin memperdalam atau baru mempelajari Data Science, kalian bisa lho belajar bersama DQLab


Di sini kalian akan mendapatkan materi dalam bentuk modul yang dikemas secara unik dan mudah digunakan. Kalian juga akan dibantu oleh fitur Live Code Editor saat belajar. Jadi, belajar sendiri tidak perlu khawatir deh. Ada satu quotes dari Dharma nih Sahabat DQ sebagai penutup. 


“You only live once! Jangan sia-siakan hidup karena waktu tidak akan kembali.”
- Dharma Setiawan - 


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :