PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 59 Menit 33 Detik

Waspada Dampak Negatif SQL Injection, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 19-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-06-2024-03-19-172134_x_Thumbnail800.jpg

SQL injection adalah salah satu masalah pada situs web yang cukup sering ditemukan oleh para developer. SQL Injection ini termasuk ke dalam cyber crime yang menyerang database. SQL Injection ini bisa menyebabkan kebocoran data penting milik sebuah perusahaan. SQL Injection ini terjadi ketika penyerang memanfaatkan keamanan dalam website untuk memasukkan kode SQL yang tidak sah dan merusak database. 


Pengguna juga harus lebih waspada terhadap kejahatan ini, karena jenis kejahatan ini bisa mengambil atau mengetahui data pribadi pengguna seperti informasi kartu kredit dan data pelanggan. Data-data tersebut haruslah dilindungi dengan baik agar tidak dicuri atau diakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika data-data tersebut sudah bocor, maka bisnis akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan. Maka dari itu, penting bagi seorang pengembang web dan pemilik bisnis untuk memperhatikan keamanan web dan perlindungan data. 


Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih detail tentang apa itu SQL Injection dan dampak negatif apa yang ditimbulkan dari kejahatan ini. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Pengertian SQL Injection

SQL Injection adalah salah satu jenis ancaman kejahatan di dalam dunia digital yang sering disebut dengan cyber crime. Fenomena cyber crime ini semakin banyak seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Serangan ini bisa melibatkan pencurian yang memanipulasi data, termasuk data diri sampai dengan aset finansial seperti kartu kredit.


Ancaman serangan ini seringkali adanya kesalahan dalam pembuatan maupun pemfilteran input, sehingga terdapat celah yang biasa disalahgunakan. 

SQL

Credit by Avast


SQL Injection ini dilakukan dengan memodifikasi perintah SQL pada suatu form input aplikasi sehingga pelaku bisa mengirimkan suatu sintaks ke dalam database. Hal itulah yang bisa membuat para pelaku kejahatan bisa melihat data yang sebelumnya tidak bisa ia akses. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mengekspos Data Perusahaan yang Sensitif

Salah satu keberhasilan dari kejahatan ini adalah penyerang bisa melihat data perusahaan yang jenisnya rahasia. Dengan menggunakan SQL Injection ini, penyerang bisa mengambil dan juga mengubah datanya. Hal ini memiliki resiko kepada data-data sensitif yang ada di dalam perusahaan yang disimpan di dalam server SQL.


Perusahaan haruslah memiliki sistem keamanan yang memadai agar data-data yang disimpan di dalam server SQL bisa lebih aman dan tidak terkena SQL Injection ini.


3. Memberikan Penyerang Akses Umum ke Sistem

Ketika perusahaan menggunakan perintah SQL yang tidak cukup kuat atau tergolong lemah untuk memeriksa nama pengguna dan juga kata sandi, penyerang bisa memperoleh akses sistem perusahaan tanpa harus mengetahui nama dan juga kata sandi tersebut. Dengan akses umum ke dalam sistem perusahaan, penyerang bisa menyebabkan kerusakan-kerusakan tambahan saat mengakses dan juga memanipulasi informasi sensitif.

SQL

Credit by Simplilearn.com


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Memberikan Akses Administratif ke dalam Sistem

Penyerang bisa bisa masuk atau mengakses sistem administratif dari sebuah SQL server. Jika sang pengguna dari database memiliki hak administratif, maka penyerang bisa memperoleh akses tersebut ke dalam sistem dengan menggunakan kode-kode yang merusak sistem tersebut. Untuk bisa melindungi dari kerentanan seperti ini, sang developer harus membuat pengguna database dengan hak istimewa sesedikit mungkin untuk mengurangi kejahatan SQL Injection ini.


Belajar konsep fundamental SQL menarik  DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login