SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 15 Jam 7 Menit 14 Detik

Waspada! Yuk, Kuasai Cara Mencegah SQL Injection

Belajar Data Science di Rumah 30-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-06-2024-05-30-204620_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini kejahatan sudah banyak sekali jenisnya contohnya seperti kejahatan di dunia maya. Salah satu jenis kejahatan di dunia maya yang cukup meresahkan adalah SQL Injection. SQL Injection ini sudah masuk ke dalam kategori cyber crime, yaitu sebuah aksi ilegal yang dilakukan oleh seseorang untuk mencuri data pribadi. SQL Injection ini banyak ditemukan pada aplikasi website. SQL Injection ini juga sudah menimbulkan banyak sekali kerugian yang menyasar ke dalam database sebuah website. 


Coba kita bayangkan ketika seseorang membobol database kita yang berisikan data pribadi dan juga data finansial kita, hal ini akan mengakibatkan tersebarkan informasi tentang akun atau data yang kita miliki. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan SQL Injection ini? Pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap. Mari kita simak pembahasannya!


1. Apa itu SQL Injection?

SQL Injection adalah teknik serangan cyber yang memanfaatkan kelemahan yang ada di dalam pengolahan input pada aplikasi yang menggunakan database. Aplikasi yang tidak memvalidasi atau membersihkan input para penggunanya dengan benar maka akan menjadi target penyerangan. Seorang yang menggunakan SQL Injection ini biasanya akan merebut akses tanpa izin dan mereka melakukan aksinya secara diam-diam sehingga sangat sulit untuk mendeteksinya. 

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Bagaimana Cara kerja SQL Injection?

Sampai saat ini, SQL Injection masih menjadi teknik yang sering digunakan oleh para peretas untuk meretas website. Hal ini karena cara kerja dari SQL Injection cukup sederhana tetapi efektif untuk meretas dan mengambil data dalam sebuah situs website. SQL Injection terjadi karena terbentuknya celah pada website yang dilakukan oleh para developer yang tidak mengaktifkan filter untuk meta karakter pada form input di dalam aplikasi, sehingga para peretas ini bisa menggunakannya untuk menulis code SQL pada form login.


Teknik ini dijalankan melalui form username. Form username seharusnya diisi dengan menggunakan karakter saja, tetapi dalam form tersebut bisa diisi dengan karakter lain yang tidak terdaftar. Dengan begitu, peretas bisa menyematkan beberapa macam karakter kontrol SQL dan kata kunci perintah yang bisa merusak database. Hal inilah yang membuat peretas bisa memasukkan query SQL Injection dan website telah berhasil diretas.

SQL


3. Bagaimana Cara Mencegah SQL Injection?

Pastinya SQL Injection ini bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti berikut ini.

  • Memisahkan Database

    Sebuah perusahaan pastinya memiliki 2 jenis database yaitu backend database server dan data team database server. Pemilihannya tergantung dengan jenis ukuran perusahaan dan kemampuan sebuah perusahaan untuk bisa memanage database ini. Dengan adanya sistem seperti ini, ketika ada peretas yang ingin meretas database perusahaan tersebut, mereka tidak akan mendapatkan data apapun karena backend databasenya kosong dan sudah dipindahkan ke database lainnya.


  • Membatasi jumlah karakter untuk memasukkan parameter

    Developer bisa membatasi jumlah karakter pada saat memasukkan parameter yang ada pada website. Misalkan sebuah userid sudah ditentukan hanya ada 8 karakter saja, sehingga tidak ada seorang pun yang bisa memasukkan karakter kurang atau lebih dari 8 karakter ini.


  • Membatasi jumlah output data

    Developer juga bisa membatasi jumlah output data yang dihasilkan ketika mereka akan melakukan SQL Injection. Hal ini akan mencegah seseorang untuk mendapatkan lebih dari 1 data dan seluruh data tidak akan ditampilkan pada website.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Dampak Negatif SQL Injection

Selain itu ada beberapa dampak negatif dari SQL Injection ini, seperti berikut.

  • Menembus verifikasi login dan mengancam privasi pengguna

    Dengan adanya SQL Injection ini, peretas bisa login ke dalam halaman website atau aplikasi tanpa harus menggunakan username ataupun password yang benar. Keberadaan fitur verifikasi pengguna memang harus digunakan sebagai filter dalam mengakses website sangat mudah untuk dilewati.


  • Data website dicuri dan dimodifikasi

    SQL Injection adalah salah satu bentuk ancaman cyber crime yang melakukan aksinya dengan menggunakan query SELECT dan OUTPUT, sehingga para peretas ini bisa mengakses semua data pada tabel database sebagai sasarannya. Contoh SQL Injection disini bisa berupa username, pin rekening bank, password, dan pribadi lainnya yang cukup penting. Tentunya hal ini sangat berbahaya dan bisa saja data milik kita dimodifikasi.


Belajar SQL (Structured Query Language) adalah langkah penting bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia data dan teknologi. SQL adalah bahasa standar untuk mengelola dan memanipulasi database, dan menjadi keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan di banyak industri.


Menguasai SQL memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tugas penting, seperti mengambil data spesifik dari database, memperbarui dan menghapus data, serta membuat dan mengelola tabel dan database itu sendiri. Ini berarti Anda dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan untuk analisis bisnis, laporan, atau pengambilan keputusan strategis.


Tidak hanya itu, kemampuan SQL juga sangat dihargai oleh para pemberi kerja. Banyak posisi pekerjaan di bidang data analysis, data science, dan pengembangan perangkat lunak yang mensyaratkan atau mengutamakan keterampilan SQL. Belajar SQL juga relatif mudah dan cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Banyak sumber belajar online yang tersedia, dari tutorial gratis hingga kursus bersertifikat.


Jadi, mulailah belajar SQL sekarang dan tingkatkan nilai profesional Anda. Dengan SQL, Anda membuka pintu menuju berbagai peluang karir yang menjanjikan di era digital ini. Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login