PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 51 Menit 3 Detik 

Yuk Belajar Python Branch IF & IF Condition

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f529c617f32b23189437a2a6dc84b108_x_Thumbnail800.jpg

Dalam Python, kondisi branch if mirip dengan bahasa C. kita bisa menulis condition menggunakan keyword if kemudian diikuti oleh ekspresi logika dan titik dua (:). Jika ekspresi benar (true), pernyataan akan dieksekusi. Jika ekspresi tidak benar (false), pernyataan akan dilewati dan program akan dilanjutkan dengan pernyataan berikutnya.


If digunakan untuk mengontrol arah program yang kita buat. Fungsi ini digunakan untuk melewati eksekusi hasil tertentu yang tidak ingin kita jalankan. Struktur dasar IF dalam python adalah dengan mengetikkan kata if (huruf kecil) diikuti dengan dengan titik dua di akhir pernyataan dan menggunakan fungsi print untuk menampilkan hasil atau output yang kita inginkan. Pada artikel kali ini kita akan belajar menggunakan branch if pada bahasa pemrograman python. 


1. Cara Menulis Branch IF

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menulis struktur branch if pada python, tergantung dengan fungsi yang digunakan. Namun, secara umum, branch if pada python ditulis sebagai berikut.

python


Yang perlu diingat adalah branch if pada python bersifat case sensitive sehingga penulisan if harus menggunakan huruf kecil. Selain itu, perlu diperhatikan juga penulisan variabel yang akan digunakan dalam condition branch if karena huruf kapital dan non kapital sangat berpengaruh.


Baca juga: Belajar Coding Python Simpel dengan Live Code Editor DQLab

 

2. Operator Branch IF

Berikut adalah operator yang bisa digunakan pada struktur branch if di python. 

python


Kita menggunakan operator == untuk tanda sama dengan agar tidak bingung ketika mendefinisikan variabel yang diawali dengan tanda sama dengan (=). Jika kita ingin meniadakan suatu ekspresi, kita menulisnya dalam tanda kurung menggunakan operator negasi (!) sebelum ekspresi sebenarnya di dalam tanda kurung.


3. IF dan Else

Struktur branch if pada python bisa dikombinasikan dengan fungsi lain, salah satunya adalah fungsi else. fungsi ini digunakan untuk menunjukkan adanya hasil lain ketika suatu kondisi tidak terpenuhi. Misalnya, jika suatu anak berjenis kelami perempuan maka akan diberi tanda tersebut adalah satu dan selain itu adalah angka nol.


Berikut adalah cara menulis struktur if else-nya.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


4. IF Plus AND dan OR

Sama seperti if condition di excel, branch if pada python juga bisa digabung menggunakan fungsi AND dan OR. berikut adalah contoh penggunaan if digabung dengan and dan digabung dengan or.

python


Yuk belajar fungsi python yang lain bersama DQLab! Selain if condition, kita juga bisa belajar library, package, dan fitur-fitur python lainnya. Uniknya, modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka python di tools lain untuk menulis script code. 


Penasaran dengan live code editor DQLab? Yuk coba modul gratis dan akses live code editor dengan klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id kemudian akses FREE MODUL “Introduction to Data Science with Python” untuk mencoba live code editor DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :