Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Yuk, Cari Tahu Apa Saja Tugas Data Analyst 2024

Belajar Data Science di Rumah 18-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-03-2024-04-22-070910_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini banyak profesi yang semakin update seiring dengan perkembangan jaman, beberapa diantaranya seperti profesi data analyst, data engineer, data scientist, software engineer, dan masih banyak lainnya. Sebelum menjadi data analyst kita perlu mengetahui apa saja ragam tugas profesi data analyst sehingga bisa menentukan langkah apa saja yang dilakukan untuk menjadi seorang data analyst profesional. 


Data analyst adalah salah satu profesi yang bergerak dalam bidang data. Data analyst sama dengan profesi lainnya, yaitu memiliki beragam tugas yang perlu dilakukan. Perusahaan yang memiliki kepentingan yang berbasis data memerlukan bantuan data analyst untuk beberapa kepentingan. Manfaat perusahaan menggunakan jasa data analyst antara lain seperti meningkatkan pelayanan, proses maintenance mesin menjadi lebih mudah, memudahkan dalam dunia bisnis, dan masih banyak lainnya.


1. Mengumpulkan Data

Data merupakan salah satu komponen utama dalam penelitian. Data inilah yang nantinya akan diolah oleh data analyst sehingga menjadi kesimpulan. Sebelumnya, tentu diperlukan proses pengumpulan data. Data yang dikumpulkan ini dapat berupa data primer maupun data sekunder. Dalam proses pengumpulan data ini data analyst perlu benar-benar memperhatikan dan memastikan bahwa data yang terkumpul memang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian dan berasal dari sumber yang valid.

Data Analyst



Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menganalisis Data

Menganalisis data merupakan tugas utama bagi seorang data analyst yang penting untuk dilakukan. Proses analisis data merupakan proses mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Proses analisis data ini biasanya menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Pada proses analisis data ini perlu menerapkan prosedur-prosedur yang sesuai agar hasilnya lebih maksimal.

Data Analyst


3. Mengekstrak Data

Data merupakan salah satu komponen paling penting bagi data analyst. Data inilah yang akan digunakan untuk proses analisis. Sebelum dianalisis, data perlu diekstrak. Ekstraksi data adalah proses pengambilan data dari sumbernya. Terdapat beberapa jenis proses ekstraksi data, yaitu update notification (menggambarkan penggalian data setiap pembaruan data), ekstraksi terstruktur/tidak terstruktur (mengekspor data dalam format yang sama atau berbagai format), ekstraksi tambahan (mengekstrak data secara teratur).

Data Analyst


4. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses penggunaan elemen visual untuk mempresentasikan hasil analisis data agar lebih mudah dipahami oleh seseorang yang kurang mengerti terhadap data. Terdapat beberapa jenis tools analisis data yang bisa digunakan untuk memudahkan proses visualisasi. Tools analisis data ini bisa berupa grafik, tabel, diagram, dan masih banyak lainnya. Hal ini pun bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Data Scientist


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Setiap profesi memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang perlu dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Begitu pula dengan data analyst memiliki peranan penting dalam perusahaan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login