3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 39 Menit 35 Detik

Yuk Coba Berbagai Tools Data Science Berikut Ini!

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-05-2024-01-29-150949_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa data science ini memiliki peranan penting di era kecanggihan teknologi seperti sekarang? Ya, data science saat ini merupakan ilmu yang banyak dibutuhkan. Dalam penerapannya, data science memerlukan bantuan tools data science yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Data science memiliki beberapa pilar, yaitu bisnis. matematika dan statistika serta teknologi. Dengan menguasai pilar-pilar data science diharapkan dapat menguasai data science dengan lebih maksimal.


Pada kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan penerapan data science yang bisa membantu memudahkan pekerjaan. Seiring perkembangan teknologi, tersedia pula beragam tools atau software yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berbagai tools yang tersedia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada tools yang bisa digunakan untuk menganalisis dta, membuat proses visualisasi data, dan lainnya.


Lalu apa saja tools yang bisa digunakan? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang saat ini sedang menjadi bahasa pemrograman yang naik daun. Bahasa python dikenal memiliki berbagai kelebihan sehingga dipilih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula. Beberapa kelebihan bahasa python antara lain bersifat open source, bisa digunakan diberbagai siste operasi, bahasa yang mudah dipahami, sintaks yang sederhana, memiliki banyak library, komunitas yang luas, dan masih banyak lainnya.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah suatu aplikasi yang perlu dikuasai oleh data scientist maupun profesi praktisi data lainnya. Aplikasi ini membantu data scientist dalam membuat narasi komputasi. Jupyter Notebook memiliki beberapa fitur yaitu File, View, Edit, Insert, Kernel, Cell, Widget, dan Help.


Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan untuk menulis berbagai teks maupun kode, membuat kerjasama antara insinyur dan data scientist kebih mudah dan lancar, serta memudahkan data scientist dalam melakukan kolaborasi dengan sesama praktisi data.

Data Science



3. SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu tools yang umumnya digunakan untuk mengatasi permasalahan database. SQL ini termasuk ke dalam bahasa query yang memiliki banyak fungsi. Beberapa diantaranya adalah dapat digunakan untuk membuat database, mengedit, menghapus, menggabungkan, memanipulasi, dan masih banyak lainnya. SQL juga bersifat open source serta mudah dipelajari terutama bagi para pemula.

Data Science



4. Google Data Studio

Google Data Studio adalah salah satu tools data science yang merupakan bagian dari layanan Google yang dapat digunakan secara gratis. Secara umum Google data Studio memiliki beberapa fungsi seperti untuk proses integrasi data, transformasi data, visualisasi data, dan sharing data. Google Data Studio juga memiliki berbagai kelebihan antara lain gratis,memiliki data dari banyak sumber, mudah digunakan, mudah dikustomisasi, proses sharing data lebih mudah, serta mudah dipelajari.

Data Science



Baca juga: Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Tools data science merupakan salah satu hal yang bisa dan perlu dipelajari oleh para praktisi data. Terdapat banyak tools data science yang bisa kamu pelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :