Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Yuk, Coba Coding Python dengan Live Code Editor

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8dd696d2af2f681b637e11663ad3f965_x_Thumbnail800.jpeg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi industri data. Selain digunakan untuk kebutuhan seperti pembuatan website, aplikasi, analisis data, dan kebutuhan programer lainnya, sintaks pada Python sangat mudah untuk dipelajari pemula.


Python sendiri merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang tengah populer di kalangan praktisi data. Bahasa pemrograman ini menjadi pilihan tepat bagi para pemula karena mudah dipelajari, tingkat keterbacaan coding yang mudah dan bersifat open source.


Jika kamu adalah salah satu dari pemula yang tertarik belajar Python, kamu bisa memasukkan DQLab sebagai salah satu list kursus yang direkomendasikan bagi para praktisi data. Di DQLab kamu akan dimanjakan dengan fitur live code editor yang langsung terkoneksi dengan data set yang akan kamu gunakan untuk melakukan anisis.


Pada artikel kali ini,  kamu akan diajak untuk mempelajari coding Python yang cukup sederhana dan cocok untuk pemula dengan menggunakan live code editor yang disediakan oleh DQLab. Penasaran kan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Live Code Editor DQLab

Bagi pemula yang ingin belajar Data Science dari nol, namun tidak memiliki basic apapun, atau ingin belajar dengan spek laptop yang tidak mendukung karena harus menginstall IDE dan text editor. Tenang aja! DQLab menyediakan fitur Live Code Editor untuk membantu kamu menyelesaikan permasalahan serupa. 


Python


Fitur Live Code Editor DQLab dapat membuat kamu bisa langsung mempraktekkan teori yang telah dipelajari melalui code editor. Output dari coding yang diinput akan keluar di bagian console.


Fitur ini simple dan anti ribet karena sistemnya langsung terkoneksi dengan dataset yang akan digunakan untuk melakukan analisis. Selain itu, fitur ini membuat kamu bisa tahu jika ada kesalahan dalam pengerjaan coding, library serta  packages yang lengkap.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menggunakan Variabel dalam Python

Variabel merupakan suatu tempat yang menyimpan nilai-nilai. Variabel ini bersifat mutable, artinya nilai di dalamnya dapat berubah-ubah. Terdapat beberapa peraturan yang perlu diikuti dalam penulisan variabel dalam python, yaitu:

  • Nama variabel harus dimulai dengan huruf a-z atau A-Z atau dengan karakter garis bawah/underscore.

  • Variabel hanya boleh mengandung karakter alfabet, bilangan dan underscore.

  • Variabel bersifat case sensitive, artinya penulisan menggunakan alfabet kapital dengan tidak memiliki arti yang berbeda-beda.

Untuk lebih memahaminya, mari perhatikan beberapa contoh coding mendeklarasikan variabel dalam python berikut ini:


Python


3. Operasi Matematika Sederhana

Operasi matematika sederhana sudah pasti akan sering digunakan di level pembelajaran Python selanjutnya, baik itu di level medium maupun advanced. Penggunaan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian menjadi hal yang cukup krusial untuk dikuasai.


Berikut adalah contoh codingnya dengan penggunaan variabel:

Python

Dari contoh dengan syntax diatas, kamu tidak hanya melakukan operasi sederhana saja, namun mencoba untuk menggabungkan hasilnya dengan kalimat tertentu. Pada contoh tersebut, fungsi print() juga bisa kamu manfaatkan. Berikut hasil yang didapatkan:


Python


4. IF Sederhana

Fungsi IF merupakan salah satu percabangan yang akan sangat membantu proses pengolahan data. Penguasaan fungsi IF sederhana akan menjadi dasar untuk menggunakan fungsi IF yang lebih rumit dan kompleks.


Python


Melalui contoh coding di atas, kamu melakukan pengandaian bahwa variabel nilai merupakan angka 10. Selanjutnya, di line 3, kamu akan mencoba untuk menguji apakah nilai sama dengan 10. Pada line 4, kamu minta kepada Python untuk mengeluarkan output yang ada di dalam fungsi print jika pernyataan yang ada sesuai.


Maka hasil outputnya adalah:

Python

Kita bisa melihat bahwa output yang muncul sesuai dengan yang kita inginkan. Namun bagaimana jika nilainya tidak bernilai 10? Misalkan saja kita coba untuk mengganti nilainya menjadi 9. Maka hasilnya akan seperti ini:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Yuk, Pelajari Coding Python dengan Live Code Editor Bersama DQLab! 

Nah, Sahabat DQLab mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, kamu juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


DQLab menyediakan modul pembelajaran yang lengkap dengan studi kasus plus Live Code Editor, jadi kamu tak perlu install aplikasi lagi tambahan lagi!


Yuk, segera Sign Up di DQLab.id untuk merasakan pembelajaran yang fleksibel dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :