Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Yuk, Coba Coding Python Sederhana Berikut Ini!

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-01-2023-11-10-134650_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, saat ini kita berada dalam zaman yang serba canggih dimana informasi dapat diakses dengan mudah. Untuk menyeimbangkan perkembangan zaman kita perlu memiliki skill yang sesuai.


Salah satu skill yang perlu dimiliki antara lain menguasai bahasa pemrograman. Python termasuk bahasa pemrograman yang populer dan banyak diminati oleh para pemula. Hal ini salah satunya dikarenakan coding python sederhana dapat dipelajari dari dasar.


Python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido Van Rossum. Bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general purpose programming, artinya dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan.


Selain itu python juga termasuk bahasa pemrograman yang high level programming, artinya mudah dibaca dan dituliskan untuk manusia. Lalu bagaimanakah gambaran coding python sederhana? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Struktur Program Python

Bahasa python termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Pada awalnya, kita perlu mengetahui apa saja struktur program dalam bahasa python, yaitu:

  • statements, instruksi yang diberikan secara baris per baris untuk dijalankan oleh mesin

  • variables, lokasi penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung sebuah data atau informasi

  • literals, simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengisi suatu variabel

  • operators, simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengubah nilai dari satu variabel dengan melibatkan satu atau lebih variabel dan literal

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Comments dalam Python

Comments merupakan suatu kode dalam python yang digunakan  sebagai penanda bahwa perintah tersebut tidak dieksekusi oleh program. Comments atau komentar ini biasanya digunakan untuk memperjelas pembaca atau orang lain dalam memahami sesuatu yang ditulis.


Penggunaan komentar ini tidak hanya memudahkan pembaca saja, akan tetapi memudahkan programmer itu sendiri jika sewaktu-waktu membuka script tersebut. Dalam python, penggunaan komentar menggunakan tanda pagar (#) atau jika lebih dari satu baris maka dapat menggunakan tanda petik tiga (’’’) seperti yang dapat dilihat pada contoh coding sederhana di bawah ini.


Python


3. Variables dalam Python

Variables dalam python dapat dideklarasikan dalam bentuk teks maupun bilangan dan melakukan operasi yang melibatkan sekumpulan variabel.


Variables memiliki aturan penamaan yaitu: 1) nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan huruf atau karakter underscore (garis bawah); 2) variabel hanya boleh mengandung alfabt, bilangan dan underscore; 3) variabel bersifat case sensitive, artinya antara huruf kecil dengan huruf kapital memiliki perbedaan makna.

Python


4. Tipe Data Python

Dalam bahasa pemrograman, terdapat istilah ‘tipe data’. Tipe data merupakan atribut yang berkaitan dengan data sehingga nilai dari data tersebut bisa ditafsirkan.


Bahasa python memiliki beberapa tipe data, yaitu: 1) Tipe data null, untuk menyimpan nilai kosong atau tidak ada yang dinyatakan dengan None; 2) Tipe data boolean, untuk menyimpan nilai kebenaran (True, False) dari suatu ekspresi logika; 3) Tipe data numerik, untuk menyimpan data berupa angka. Terdapat dua macam tipe data numeric, yaitu int dan float; 4) Tipe data string, untuk menyimpan data teks.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penggunaan bahasa python perl dipelajari oleh para milenial terutama yang ingin belajar tentang data. Kamu bisa belajar python dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login