SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 38 Menit 16 Detik

Yuk, Coba Kenali Contoh Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2024-02-26-154831_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang termasuk bagian dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Keberadaan machine learning dan contohnya sangat diperlukan di era kecanggihan teknologi seperti sekarang. Machine learning ini dirancang agar dapat memiliki kemampuan untuk bisa belajar sendiri tanpa arahan dari manusia. Machine learning ini dapat melakukan berbagai hal, tergantung apa yang dipelajari sebelumnya.


Saat ini banyak perusahaan besar yang saling bersaing untuk bisa meningkatkan profit maupun performa perusahaan. Dalam suatu perusahaan tentu terdapat database yang digunakan untuk kepentingan tertentu. Database tersebut perlu dikelola dengan baik dan dianalisis dengan maksimal. Terdapat beberapa cara menganalisis data yang bisa diterapkan menggunakan berbagai algoritma machine learning. Penerapan machine learning pun telah banyak kita jumpai dalam keseharian. Berikut contoh-contohnya!


1. Marketplace

Saat ini proses transaksi jual beli tidak hanya dilakukan secara langsung atau offline, kini seringkali kita menjumpai proses transaksi jual beli online. Jual beli online bisa dilakukan melalui berbagai platform, salah satunya adalah marketplace. Di dalam marketplace para penjual bisa berkumpul dan menawarkan barang ataupun jasa mereka kepada calon pembeli.


Hal ini tentunya menggunakan penerapan machine learning yang didalamnya terdapat algoritma yang bisa menjalankan beberapa sistem di dalamnya.

Excel


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pengenalan Wajah

Pengenalan wajah atau biasa dikenal pula dengan face recognition merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi di masa kini. Hal ini seringkali kita jumpai dalam sistem keamanan, seperti tersedianya fitur pengenalan wajah saat akan membuka kunci dalam smartphone. Atau mungkin kita pernah menjumpainya dalam sistem keamanan pintu rumah. Hal ini tentu membuat pemilik smartphone merasa lebih aman.

Excel


3. Kategorisasi Email

Seringkali dalam email  kita melihat banyak kategori seperti inoc, sent, spam, promotions, dan lainnya. Sadarkah kalian bahwa adakalanya pesan yang masuk tidak hanya ke dalam kategori inbox saja, adakalanya masuk ke spam. Spam atau sampah merupakan tempat pesan yang dirasa mengganggu.


Dalam tahap kategorisasi email ini menggunakan algoritma machine learning di dalamnya. Hal; ini tentunya sangat memudahkan pengguna sehingga tidak terganggu dengan pesan yang tidak penting.

Excel


4. Search Engine

Penggunaan search engine adalah suatu hal yang sering kita gunakan ketika ingin mencari tahu tentang suatu hal. Sebagai contoh ketika membuka Google, akan muncul search engine yang merupakan fasilitas internet untuk tempat kita mengetikkan sesuatu yang akan kita cari.


Cara kerja dari search engine dalam mengaplikasikan machine learning antara lain dimulai dari mendeteksi pola, mengidentifikasi sinyal baru, custom signal berdasarkan query spesifik, peningkatan kualitas dan penargetan iklan, pencarian gambar untuk memahami foto, identifikasi sinonim dan klarifikasi query.

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi yang sering kita jumpai penerapannya pada masa kini. Machine learning ini termasuk salah satu hal yang algoritmanya perlu dipelajari agar mempermudah dalam proses analisis data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login