PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 34 Menit 14 Detik 

Yuk, Coba Praktekkan Berbagai Fungsi dalam Python!

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b38673150b9355ab36662f04e216e97e_x_Thumbnail800.jpg

Halo sobat DQ! Kalian sudah pernah mendengar istilah bahasa pemrograman bukan?  Dalam menggunakan bahasa pemrograman, seringkali kita menjumpai permasalahan yang perlu diselesaikan dengan mengetikkan kode atau perintah secara berulang. Hal ini dapat dipermudah dengan menggunakan fungsi. Salah satunya adalah fungsi python. Pada artikel kali ini kita akan mengenal beberapa hal terkait fungsi python


Apa itu python? Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang saat ini sedang populer di kalangan praktisi data. Bahasa python ini menjadi pilihan para pemula dikarenakan cukup midah dipelajari, tingkat keterbacaan kode yang mudah dan bersifat open source.


Pengguna bahasa python juga memiliki komunitas sehingga memudahkan dalam proses tanya jawab atau diskusi ketika mengalami kesulitan ketika melakukan coding. Kira- kira apa itu fungsi python dan bagaimana cara membuat serta apa saja jenisnya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Membuat dan Memanggil Fungsi 

Ketika proses mengkode atau coding, adakalanya kita perlu menggunakan fungsi. Fungsi dalam python ini dapaf mempermudah pekerjaan agar lebih efektif. Dengan menggunakan fungsi, kita tidak perlu mengetikkan perintah atau baris kode yang sama secara berulang-ulang secara independen. 


Ketika membuat fungsi, kita perlu menggunakan kata kunci def. Kata kunci inilah yang menjadi pertanda bahwa blok kode program merupakan sebuah fungsi. Perlu diingat pul bahwa blok kode program di dalam python didefinisikan dengan indentasi. Berikut ini adalah contoh membuat fungsi sederhana, yaitu fungsi perkenalan().

python


Gambar di atas adalah contoh membuat fungsi dan memanggil fungsi. Bahkan, kalian bisa memanggil fungsi lebih dari satu kali loh. Langsung dicoba saja yaaa.


Baca juga: Yuk Belajar Coding Python di Modulnya DQLab


2. Fungsi menggunakan Parameter

Adakalanya fungsi juga dapat diterapkan dengan menggunakan parameter maupun argumen. Dengan menggunakan parameter, penulisan sintaks akan lebih singkat, programmer cukup menambahkan parameter apa yang ingin digunakan pada fungsi tersebut, lalu nantinya pengguna cukup menginputkan nominal atau kata-kata yang diinginkan.


Untuk lebih mudah emmahaminya, perhatikan contoh penukisan fungsi dengan menggunakan paramter pada gambar di bawah ini.

python


3. Variabel dalam Fungsi

Jika pada sebekumnya kita telah mengetahui penulisan fungsi dengan menggunakan parameter, selanjutnya kita akan berkenalan dengan variabel. Variabel merupakan lokasi memori yang dicadangkan untuk menyimpan nilai-nilai.


Pada fungsi python, kita juga bisa menerapkan penggunaan variabel, variabel tersebut dapat diisi sesuai dengan kebutuhan fungsi yang telah kita buat. Pada gambar di bawah ini kita akan mencoba membuat fungsi untuk menghitung kuas segitiga dengan menggunakan variabel. 

python


4. Fungsi Mengembalikan Nilai

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenai cara membuat fungsi, memanggil fungsi, parameter dalam fungsi dan variabel dalam fungsi. Pada kali ini kita akan berkenala dengan salah satu jenis fungsi yang berkaitan dengan nilai kembalian.


Jenis fungsi ini memiliki kata kunci return, yaitu berfungsi untuk mengembalikan nilai. Namun jangan khawatir, nilai yang telah dikembalikan oleh fungsi ini dapat diolah kembali untuk berbagai kebutuhan. Perhatikan contoh penggunaan fungsi menggunakan return di bawah ini.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Belajar data science secara mendasar merupakan kebutuhan bagi kalian yang ingin berkarir menjadi data scientist atau praktisi data lainnya. Kalian tidak perlu bingung mencari tempat kursus data science yang affordable, kalian bsa langsung DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :