PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 14 Menit 16 Detik

Yuk, Coba SQL Group By dengan Lebih Mudah!

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-06-2024-02-17-174629_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman! Tahukah kalian bahwa saat ini telah banyak bahasa pemrograman yang beredar dan perlu dipelajari oleh banyak orang. Salah satu bahasa pemrograman yang sedang populer dan banyak digunakan adalah Structured Query language (SQL). SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam sistem basis data relasional SQL ini memiliki berbagai manfaat seperti untuk membuat tabel, menghapus tabel, menggabungkan tabel, dan masih banyak lainnya. Dalam bahasa SQL ini juga tersedia beberapa fungsi atau fitur, salah satunya adalah SQL group by.


Bahasa SQL ini merupakan bahasa query yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Tidak hanya perusahaan besar, tingkat pelajar maupun mahasiswa juga bisa menggunakan bahasa pemrograman ini. Dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia di SQL ini dapat memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya agar lebih cepat dan efisien. Lalu apakah pentingnya SQL dan bagaimana contoh penerapan fitur atau fungsi SQL?


1. Pentingnya SQL

SQL merupakan bahasa pemrograman yang memiliki peranan penting dalam database. SQL ini termasuk ke dalam bahasa query yang populer. Para data analyst maupun developer telah menggunakan bahasa SQL untuk berbagai keperluan seperti membangun aplikasi, mengakses database dengan lebih mudah, dan masih banyak lainnya. 


Dengan berbagai peranan penting SQL dalam dunia data membuat kita perlu mempelajari bahasa SQL sebagai persiapan untuk kedepannya. 

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pekerjaan yang Membutuhkan SQL

Seperti yang telah diketahui bahwa SQL merupakan bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Dengan menguasai bahasa SQL, kita bisa masuk ke berbagai profesi seperti data scientist, data analyst, database administrator, big data architect, data engineer, dan lainnya. Beberapa profesi tersebut memiliki peranan penting dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar untuk dapat menyembangkan kecanggihan teknologi sekarang ini.


3. Group By

SQL group by digunakan untuk menggabungkan data dengan nilai yang sama dalam daftar bidang tertentu menjadi satu data. Pernyataan SQL group by ini sering digunakan untuk fungsi agregat seperti count, max, min, sum, avg untuk mengelompokkan hasil yang ditetapkan oleh satu kolom atau lebih.


Adapun format penulisan SQL group by adalah sebagai berikut:

SELECT [KOLOM1], [KOLOM2] FROM NAMA_TABEL GROUP BY [KOLOM1], [KOLOM2]

SQL


4. Contoh Penggunaan

Setelah memahami beberapa fungsi SQL, untuk lebih memahaminya kita akan membuat sebuah contoh sederhana dari salah satu fungsi, yaitu fungsi group by. Dalam fungsi group by kita bisa memilih apakah akan menggunakan single column atau multiple column.


Group by single column  berfungsi untuk memastikan data dapat dikelompokkan menggunakan kriteria dari satu kolom saja, misalnya mengelompokkan data berdasarkan provinsi saja. Perhatikan contoh berikut, kita akan mencoba menghitung jumlah baris dalam kolom order_id dengan menghilangkan duplikatnya dengan DISTINCT sebagai total_order, kemudian menghitung jumlah total dari kolom item_price sebagai total_price dari tabel sales_retail_2019

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL menyediakan berbagai fitur atau fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Kamu bisa coba terapkan fungsi-fungsi yang ada di SQL.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login