BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 13 Menit 41 Detik 

Yuk Ikuti Cara Menginstall Python yang Telah Didownload pada Windows

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/69684b32308ec2daa33cd4924d08c8fb_x_Thumbnail800.png

Salah satu tools favorit yang paling banyak digunakan di dunia data science adalah python. Untuk bisa menggunakan python, kita harus mendownload dan menginstall python terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk menyiapkan dan menginstall python, seperti mendownload dari website resmi python dan  menginstall dari manajer package seperti anaconda. Selain untuk data science, python juga dapat digunakan untuk komputasi ilmiah, analisis data, web dan app development, bahkan untuk membuat game.


Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bersifat general purpose dan memiliki banyak fitur untuk berbagai tujuan. Dalam dunia data science, python banyak digunakan untuk membangun algoritma machine learning dan artificial intelligence. Python merupakan bahasa pemrograman yang cocok digunakan untuk segala lapisan, baik untuk beginner maupun untuk programmer yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman lain seperti C++ dan java. Python termasuk ke dalam bahasa pemrograman open source yang bisa digunakan untuk tujuan komersial dan nonkomersial. Walaupun mudah di download, namun masih ada beberapa orang yang kesulitan untuk menginstall python. Pada artikel kali ini DQLab akan membagikan langkah-langkah mudah untuk menginstall python yang telah berhasil di-download. 


1. Memilih Versi Python

Untuk sistem windows, download-an python yang paling stabil adalah python for windows. Untuk sistem windows sendiri, ada beberapa versi seperti versi 32 bit yang diberi label x86 dan 64 bit yang diberi label x68-64. Selain itu ada juga beberapa jenis penginstall untuk masing-masing versi. Sebelum mendownload python, pastikan dulu sistem windows pada laptop atau personal computer. Pastikan apakah windows yang digunakan adalah versi 32 bit atau 64 bit. Agar fitur lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan versi terbaru dari python. Saat ini untuk sistem windows versi terbaru python adalah versi python 3.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menginstall  Python Executable Installer

Setelah python terinstall, double-click pada file yang telah diunduh. Setelah itu akan muncul jendela yang berisi python setup. Pada jendela tersebut pilih Customize installation and proceed. Lalu klik Add Path pada checkbox dan Install Launcher for All User kemudian  klik Install Now dan python akan berjalan secara otomatis. 


3. Menunggu Proses Peng-installan Selesai

Setelah langkah kedua berjalan, akan muncul jendela yang berisi installation progress. Pada jendela ini kita bisa melihat sampai mana proses instalasi berjalan. Ketika proses penginstalan selesai, akan muncul jendela yang berisi opsi yang memungkinkan python untuk melewati batas 260-character MAX_PATH. Walaupun opsi ini di-nonaktifkan, tidak akan mempengaruhi pengaturan sistem lainnya. Fungsi dari opsi ini adalah untuk menyelesaikan adanya masalah terkait nama yang terlalu panjang yang mungkin muncul jika mengerjakan project menggunakan python pada sistem linux.


4. Verifikasi Instalasi dan Me-run Python

Langkah ini digunakan untuk memeriksa apakah python telah berhasil di-install. Caranya, pertama bukan Cmd prompt di sistem dan run Python -V. Jika instalasi python berhasil, maka pada jendela Cmd prompt akan muncul folder tempat kita menyimpan python. Setelah itu pada fitur search di windows ketikan IDLE dan double click untuk membuka. Jika berhasil, maka python siap untuk digunakan.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Python untuk Data Science

Dunia data science sangat luas, begitu juga penggunaan python pada data science. Fitur pada python dirancang untuk dapat digunakan dalam project apapun. Bahkan saat ini sudah banyak library python yang dibuat oleh perseorangan untuk tujuan tertentu. Fleksibilitas dari kegunaan python ini karena sintaks yang digunakan dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan bahkan library dan fungsinya dapat dikombinasikan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Python dapat dipelajari oleh siapapun, bahkan oleh seseorang yang tidak memiliki background IT. Yuk mulai belajar penggunaan python di dunia data science bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis "Introduce to Data Science" sebagai langkah awal untuk menyelami data science. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :