SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 37 Menit 13 Detik

Yuk, Intip Apa Saja Job Description Data Scientist!

Belajar Data Science di Rumah 03-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2024-01-02-182712_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini profesi data scientist menjadi suatu profesi yang cukup menarik perhatian dan minat para kaum milenial. Data scientist ini memang termasuk profesi yang sedang naik daun. Selain memiliki daya tarik yang tinggi seperti gaji yang menggiurkan dan jenjang karir yang menjanjikan, job description data scientist dan tanggung jawabnya juga besar dan memerlukan skill yang khusus. Namun jangan berkecil hati, siapapun memiliki peluang untuk menjadi data scientist loh.


Sama seperti profesi lain pada umumnya, data scientist juga memiliki job description yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Saat ini kita sedang berada di era industri 4.0 dan nantinya tentu akan semakin berkembang. Pemahaman terkait profesi yang berkaitan dengan data beserta job descriptionnya perlu dimengerti dan diterapkan dengan benar agar nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap kecanggihan teknologi.


Kira-kira apa saja job description data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Menganalisis Data

Analisis data adalah suatu proses pengolahan data yang awalnya belum dapat disimpulkan menjadi suatu informasi yang dapat disimpulkan dan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Proses analisis data ini perlu dilakukan dengan benar, mulai dari tahapan pengumpulan dan persiapan data, pemilihan teknik analisis data, penggunaan tools, proses visualisasi data, dan masih banyak lainnya. Dengan melakukan proses analisis data yang benar maka akan diperoleh hasil analisis data yang sesuai.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengidentifikasi Masalah

Salah satu job description data scientist adalah mengidentifikasi masalah. Seorang data scientist harus mengerti terlebih dahulu data yang akan digunakan serta masalah apa yang akan diselesaikan. Dengan proses identifikasi masalah ini akan memudahkan data scientist dalam menentukan ilmu apa yang diterapkan, teknik yang digunakan, serta tools yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan data yang ada. Dengan demikian hasil analisis akan lebih valid dan mudah untuk dikomunikasikan terhadap pihak perusahaan.

Data Scientist



3. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses penggunaan elemen visual untuk menyampaikan hasil analisis data dengan mudah dipahami. Terdapat banyak bentuk visualisasi data yang bisa digunakan, mulai dari grafik, tabel, diagram, peta, dan masih banyak lainnya. Saat ini pun banyak tools visualisasi data yang menyediakan berbagai fitur yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Proses visualisasi data ini penting dilakukan oleh data scientist untuk memudahkan penyampaian hasil analisis agar lebih mudah dipahami terutama oleh orang-orang yang masih awam terhadap data.

Data Scientist


4. Melakukan Penelitian

Tugas lainnya dari seorang data scientist adalah melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian ini perlu dilakukan seorang data scientist salah satunya adalah agar selalu update dengan perkembangan ilmu. Kegiatan penelitian ini juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan data scientist terhadap berbagai permasalahan yang barangkali belum pernah dijumpai oleh data scientist selama terjun dalam dunia data. Tujuan lain dari melakukan kegiatan penelitian adalah agar dapat mengetahui apakah data yang akan digunakan bersifat valid dan reliabel.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Pemahaman terhadap job description data scientist ini perlu diketahui oleh praktisi data. Dengan mengetahui job descriptionnya, tentu akan lebih mudah dalam mempersiapkan diri menjadi seorang praktisi data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login