BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 10 Menit 20 Detik 

Yuk, Intip Langkah Implementasi Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ead0452a8a1d45c6b7b92d7eeaf1aa9_x_Thumbnail800.jpg

Kegiatan penelitian saat ini bukanlah menjadi suatu hal yang jarang dilakukan, bahkan penelitian ini sudah mulai dilakukan sejak masih di bangku sekolah walaupun dengan skala yang tidak terlalu besar. Salah satu tahapan dalam penelitian adalah analisis data, analisis data ini memerlukan teknik yang tepat agar hasilnya sesuai dengan tujuan penelitian. Cara implementasi teknik analisis data pun tidak selalu sama antara satu penelitian dengan penelitian lainnya.


Teknik analisis data perlu dipilih serta diimplementasikan dengan tepat. Hal ini dikarenakan setiap penelitian memiliki sumber data, jenis data, rumusan masalah, serta tujuan penelitian yang berbeda-beda. Dengan demikian suatu teknik analisis data tidak bisa dijadikan patokan khusus yang seakan-akan harus digunakan dalam penelitian, akan tetapi lebih ke menyesuaikan antara jenis penelitian dengan teknik analisis data yang digunakan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali langkah implementasi data secara umum. Yuk, simak bersama DQLab!


1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah suatu aktivitas mencari data yang dibutuhkan dalam penelitian. Proses pengumpulan data ini menggunakan teknik yang disesuaikan dengan jenis data yang akan digunakan. Beberapa teknik pengumpulan data yang dapat digunakan antara lain seperti melakukan observasi atau pengamatan terhadap objek penelitian, menyebarkan atau memberikan kuesioner, melakukan wawancara dengan tanya jawab secara langsung antara pewawancara dengan narasumber, serta dapat pula dilakukan dengan cara studi literatur atau mengambil data dari dokumen.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Seleksi Data

Setelah melakukan langkah pertama yaitu pengumpulan data. selanjutnya adalah seleksi data. Data yang telah dikumpulkan dan bisa berasal lebih dari satu sumber, perlu diseleksi atau dipilih-pilih terlebih dahulu. Seleksi data ini sebagai salah satu langkah yang sangat memudahkan dalam proses analisis data. Hal ini dikarenakan dalam melakukan proses seleksi, data yang dipilih adalah yang benar-benar sesuai dengan yang diperlukan dalam penelitian.

Teknik Analisis Data


3. Analisis Data

Proses analisis data ini merupakan proses inti dari berbagai langkah-langkah yang ada. Pada proses analisis data ini dilakukan penerapan teknik analisis untuk dapat mengklasifikasikan data dan menemukan pola sehingga data mudah ditafsirkan. Proses analisis data ini dapat pula dilakukan dengan cara pembuatan model lalu kemudian dievaluasi. Proses analisis datanya pun berbeda, jika penelitian kuantitatif umumnya menggunakan analisis kuantitatif.

Teknik Analisis Data


4. Penyajian Data

Setelah data selesai dianalisis, maka akan dapat diperoleh kesimpulan data hasil analisis. Biasanya hasil analisis yang diperoleh itu masih berupa angka-angka atau kata-kata  yang hanya dimengerti oleh orang yang menganalisis namun belum tentu dimengerti oleh pembaca. Sedangkan yang diperlukan adalah penyampain hasil analisis data kepada klien. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menyajikan hasil analisis dengan bahasa yang mudah dimengerti terutama bagi orang awam, dapat pula ditampilkan dengan visualisasi data yang menarik dan tentunya tanpa meninggalkan poin-poin penting terhadap hal-hal yang ingin disampaikan.

Teknik Analisis Data


Baca Juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


5. Kenali Macam-macam Teknik Analisis Data

Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting dalam proses penerapan analisis data. Dengan menggunakan teknik analisis data yang tepat maka hasil analisis pun akan lebih akurat dan meminimalisir kesalahan. Beberapa teknik analisis data itu dapat kita pelajari di  DQLab


DQLab merupakan salah satu platform belajar online yang memudahkan pemula dalam belajar data science. Kamu dapat mencoba Free Module DQLab œIntroduction Data Science with Python atau R dan nikmati pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :