TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 23 Menit 5 Detik 

Yuk, Intip Perbedaan 2 Jenis Analisis Data dan Metode yang Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/001afa1457027b13f6e9d385e748d4a7_x_Thumbnail800.png

Sahabat data pasti tidak asing dengan istilah data “kuantitatif” dan “kualitatif”. Kedua istilah tersebut berkaitan erat dengan analisis data. Analisis data merupakan proses pengolahan data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti pemecahan masalah, analisa bisnis hingga prediksi masa depan bisnis. Ternyata, melakukan analisis data tidak boleh sembarang dalam menggunakan metodenya. Mengapa? Karena pemilihan metode analisis data yang tidak tepat bisa mengakibatkan proses analisis yang salah sasaran atau menghasilkan informasi yang tidak sesuai. Kesalahan dalam memilih jenis dan metode analisis data juga dapat menyebabkan proses pengolahan data menjadi lebih lama.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengenal perbedaan 2 jenis analisis data, yaitu kuantitatif dan kualitatif serta metode yang digunakan oleh masing-masing jenis. Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Analisis Data Kuantitatif

Analisis data kuantitatif kerap diingat sebagai analisis yang menggunakan kategori data bersifat numerik. Data kuantitatif disajikan berbentuk angka dan bilangan. Sesuai dengan jenis data yang bersifat numerik, data kuantitatif perlu dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif yang sering menggunakan teknik statistik seperti statistik deskriptif dan statistik inferensial. Contoh data-data yang menggunakan analisis data kuantitatif adalah harga barang, jumlah pelanggan atau pembeli, jumlah stok produk hingga efektivitas atau pengaruh suatu produk.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Metode Analisis Data Kuantitatif

Berbicara mengenai analisis data kuantitatif, tentu berhubungan dengan angka. Metode analisis data kuantitatif juga sama penerapannya dengan analisis data kuantitatif, perbedaannya hanya terlihat pada fokus pengukuran serta hipotesis yang digunakan. Umumnya, metode kuantitatif akan menggunakan matematika serta analisis statistik untuk mendapatkan hasil uji serta konfirmasi teori yang berasal dari penelitian yang telah dilakukan. Metode ini dapat diukur berdasarkan angka serta grafik sehingga hasilnya lebih akurat dan objektif. Beberapa contoh metode analisis data kuantitatif yang sering digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi, regresi, uji ANOVA dan sebagainya.


3. Analisis Data Kualitatif

Berbeda dengan analisis data kuantitatif, data kualitatif merupakan pengelompokan data atau karakteristik yang tidak dapat diukur ukurannya. Sahabat data bisa menemukan berbagai bentuk data kualitatif seperti teks, video, audio, gambar dan masih banyak ragam bentuk lainnya. Data kualitatif sering digunakan dalam penelitian untuk mengetahui suatu fenomena atau gejala sosial secara mendalam. Analisis data ini sering dipakai bagi mereka yang menekuni bidang sosial humaniora atau komunikasi. Meski berbeda dengan data kuantitatif, data kualitatif ini juga perlu dilakukan proses analisis juga agar pemahaman konsep serta pengalaman tertentu yang berasal dari data tersebut dapat digunakan.


4. Metode Analisis Data Kualitatif

Proses analisis dengan metode kualitatif sangatlah beragam. Dengan tujuan meneliti untuk mengetahui permasalahan secara detail dan mendalam, metode analisis data kualitatif sering digunakan untuk meringkas, melakukan kategorisasi serta menafsirkan suatu fenomena yang terjadi. Beberapa contoh metode analisis data kualitatif yang umum digunakan adalah analisis wacana, analisis isi, semiotika, fenomenologi dan sebagainya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data bisa berupa wawancara, studi dokumen hingga observasi.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Tertarik Belajar Analisis Data? Yuk, Gabung Bersama DQLab!

Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar Analisis Data. Semua orang bisa belajar Analisis Data kok! Terdapat program-program serta modul menarik DQLab yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa juga untuk sign up di DQLab.id, karena ada modul gratis yang bisa kamu akses loh!


Yuk, belajar Analisis Data bersama DQLab!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!