Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk Intip Tips Belajar Python Bagi Pemula dari Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f3f4c3ffb914f6d43b09b137a035b42b_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipelajari. Hal ini karena python merupakan bahasa pemrograman powerful yang dapat mengolah data dalam waktu singkat, siklus edit-test-debug yang cepat, memiliki komunitas user yang aktif dan tersebar di seluruh dunia, gratis, dan terintegrasi dengan banyak framework web open source, seperti Django, Pyramid, Flash, Cherrypy, dan Bottle, serta framework pemrograman GUI seperti PyGUI, PyQT, PyJs, dan WxPython. Python dirilis pada tahun 1991 oleh programer belanda, Guido van Rossum. Bahasa pemrograman ini berisi lebih dari 137.000 libraries atau kode-kode yang dapat digunakan kembali. Libraries dan kode-kode ini bisa digunakan untuk menyederhanakan operasi sehingga kita tidak perlu menulis sintaks code yang sangat panjang.

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan tujuan umum untuk mendukung pemrograman berorientasi objek dan pemrograman terstruktur. Bahasa pemrograman ini cukup fleksibel dan memiliki banyak fungsi dan library standar yang bisa diimplementasikan pada aplikasi yang kompleks dengan mudah. Python juga merupakan bahasa pemrograman yang paling populer dan berkembang sangat pesat. Tak heran jika saat ini mulai banyak orang yang tertarik dan mulai menekuni bahasa pemrograman Python. Lalu apakah pemula yang baru mengenal bahasa pemrograman bisa belajar Python? Jawabannya adalah tentu saja bisa! Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan tips belajar python bagi pemula yang diberikan langsung oleh praktisi data. Penasaran? Let"s get started!

1. Ketahui Minat, Belajar Sintaks Dasar, dan Berlatih Setiap Hari

Sebelum belajar Python, satu hal penting yang harus dipelajari adalah menggali minat di suatu bidang. Mungkin minat terkesan sepele, namun dengan mengetahui minat dan ketertarikan kita pada suatu hal akan berdampak pada psikologis saat proses belajar. Minat akan terus membangkitkan motivasi sehingga semangat belajar akan terus muncul. Beberapa bidang yang berkaitan dengan python yang bisa kita ulik untuk menggali minat antara lain machine learning, artificial intelligence, web developing, robotic, application developing, script python, dan lain sebagainya. 

Setelah berhasil mengenali minat, saatnya kita terjun dan mengenal Python. Hal dasar yang harus diketahui adalah sintaks dasar yang sering digunakan dalam Python. Dasar sintaks Python sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja kita membutuhkan waktu lebih untuk membiasakan diri dengan coding. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita, khususnya yang baru mengenal bahasa pemrograman untuk belajar coding secara teratur. Kita harus membangun komitmen dengan diri sendiri untuk konsisten belajar coding. Minimal luangkan waktu satu hingga dua jam setiap harinya untuk belajar coding.

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

2. Membuat Catatan, Mengikuti Kursus, dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Salah satu cara belajar yang efektif adalah dengan membuat catatan hal-hal penting yang harus kita ingat ataupun pelajari lebih dalam. Catatan dengan tulisan tangan bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk memahami konsep dan sintaks python karena membutuhkan konsentrasi dan fokus. Catatan ini nantinya juga bisa direview jika ada materi yang terlupa. Selain belajar mandiri, kita juga bisa mengikuti kursus, baik kursus online maupun offline. Kursus menyediakan informasi yang diperlukan serta sarana untuk mengujinya. Setiap lembaga kursus memiliki kurikulum dan program masing-masing. Kita bisa memilih paket berdasarkan kebutuhan kita. Dengan mengikuti kursus, kita bisa belajar dengan lebih terstruktur dan terarah. Jika dalam proses belajar kita mengalami kesulitan, kita bisa meminta bantuan ke platform online yang berisi komunitas user python. Dengan banyak berinteraksi dengan user python yang lain, maka insight kita juga akan bertambah.Python memiliki komunitas online yang besar dan mudah untuk berinteraksi dengan user lain untuk menghilangkan keraguan. Selain itu, kita juga bisa berpartisipasi dalam diskusi. 

3. Berlatih Mengerjakan Project

Untuk pemula, project kecil adalah salah satu cara yang baik untuk memahami Python lebih dalam. Project ini sangat berguna untuk proses belajar learning by doing karena dalam mengerjakan project kita akan belajar cara menangani masalah dan error secara langsung. Beberapa contoh project yang bisa dilakukan adalah aplikasi kalkulator menggunakan python, aplikasi alarm, permainan, analisis data, dan lain sebagainya. Project ini juga bisa kita gunakan sebagai portofolio yang berguna saat kita akan mencari pekerjaan yang berhubungan dengan python.

Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Galuh Nurvinda

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!