PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 15 Menit 13 Detik

Yuk, Kenalan dengan Sistem Operasi SQL

Belajar Data Science di Rumah 03-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b62d0730da8412adc2722097200023a5_x_Thumbnail800.jpeg

SQL atau kepanjangan dari Structured Query Language adalah salah satu bahasa query yang cukup sering digunakan untuk mengakses data dalam database. SQL ini juga termasuk bahasa yang digunakan sebagai salah satu standar untuk DBMS. Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dari SQL ini, oleh sebab itu SQL ini sangatlah berkaitan dengan pengelolaan data. Maka dari itu, tidak heran kalau tools ini adalah salah satu syarat wajib dimiliki oleh praktisi data jika ingin berkarir di dalam dunia data. 


Secara umum, bahasa SQL ini memiliki beberapa perintah dasar di dalamnya yang biasa dipakai dalam database administrator seperti DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), DQL (Data Query Language), dan juga DCL (Data Control Language). Perintah-perintah tersebut memiliki query yang berbeda-beda. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya satu persatu, jadi simak terus ya artikel ini!


1. DDL (Data Definition Language)

DDL atau Data Definition Language adalah salah satu perintah yang bisa digunakan untuk mendefinisikan data seperti contohnya membuat sebuah tabeel database barui, mengubah dataset, dan juga menghapus data. Kemudian, perintah dasar dari DDL ini masih dibedakan menjadi 5 jenis perintah yaitu:

  • Create

Perintah ini adalah perintah untuk membuat tabel baru di dalam sebuah database. Tidak hanya itu, perintah ini juga bisa dipakai untuk membuat database baru dan juga kolom baru. Contohnya seperti “CREATE DATABASE nama_database”.

  • Alter

Perintah ini biasa digunakan ketika kalian ingin mengubah struktur tabel yang sebelumnya sudah ada. Bisa jadi di dalam hal ini adalah seperti nama tabel, penambahan kolom, mengubah, ataupun menghapus kolom dan juga menambahkan atribut lainnya.

  • Rename

Selanjutnya ada perintah rename, yang bisa kalian gunakan untuk mengubah sebuah nama di dalam sebuah tabel maupun kolom yang ada. Jika kalian menggunakan perintah ini maka untuk querynya adalah seperti ini “RENAME TABLE nama_tabel_lama TO nama_tabel_baru”

  • Drop

Perintah ini bisa digunakan untuk menghapus baik berupa database, tabel maupun kolom sampai index.

  • Show

Perintah terakhir adalah Show. Perintah ini digunakan untuk menampilkan sebuah tabel yang ada.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. DML (Data Manipulation Language)

Selanjutnya di dalam database SQL terdapat perintah lainnya yang bisa kalian gunakan untuk memanipulasi data. Perintah ini bernama Data manipulation Language atau bisa disingkat dengan DML. Perintah DML juga terbagi lagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Insert

Pertama ada perintah insert, kalian bisa memakai perintah ini untuk memasukkan sebuah record yang baru di dalam sebuah tabel database.

  • Select

Kedua ada perintah select. Perintah Select ini bisa kalian gunakan untuk memanipulasikan data dengan tujuan untuk menampilkan maupun mengambil sebuah data di dalam tabel. Data ini juga tidak hanya terbatas pada satu jenis saja tetapi lebih dari satu tabel dengan memakai relasi.

  • Update

Ketiga ada update, nah ini bisa kalian gunakan ketika kalian ingin melakukan sebuah pembaruan data di dalam tabel. Misalnya jika ada kesalahan ketika memasukan sebuah record, kalian tidak perlu menghapusnya karena dengan menggunakan perintah ini kalian bisa perbaikinya dengan mudah.

  • Delete

Terakhir ada perintah delete. Perintah yang satu ini bisa kalian gunakan ketika kalian ingin menghapus sebuah data atau record di dalam sebuah tabel.


3. DCL (Data Control Language)

Perintah dasar selanjutnya ada DCL atau Data Control Language. DCL ini bisa kalian gunakan untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna. Baik itu hal terhadap sebuah database maupun pada tabel dan field yang ada. Dengan perintah ini, admin dapat menjaga kerahasiaan sebuah database. Terutama untuk hal-hal yang penting. DCL ini juga memiliki perintah utama yaitu:

  • Grant

Grant adalah pertinah yang biasa digunakan ketika admin ingin memberikan hak akses ke user lain.

  • Revoke

Revoke ini adalah kebalikan dari grant, jadi revoke terkadang sering digunakan untuk mencabut maupun menghapus akses user yang awalnya diberikan oleh admin dengan menggunakan perintah grant.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. DQL (Data Query Language)

DQL atau singkatan dari Data Query Language adalah perintah atau bahasa SQL yang biasa digunakan untk melakukan sebuah query ke dalam database. Perintah DQL ini juga masuk dalam kategori sebagai perintah DML. Misalnya perintah DQL salah satunya adalah SELECT. SELECT ini dipakai untuk mendapatkan data dari dalam tabel.


Yuk, nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login