PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 34 Menit 58 Detik

Yuk, Kenali Beberapa Operasi dalam SQL

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-06-2023-12-09-110606_x_Thumbnail800.jpg

Pada masa kini skill menguasai bahasa pemrograman merupakan suatu skill yang perlu dimiliki oleh orang yang ingin berkarir dengan dunia data atau profesi yang berkaitan dengan kemajuan teknologi. Bahasa pemrograman yang dapat dipelajari dan cocok untuk pemula salah satunya adalah bahasa SQL.


SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa query yang sering digunakan untuk pengaksesan database. Sistem operasi SQL dan beberapa operasi pada SQL juga dapat dipelajari mulai dari dasar.


Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan database seperti mengakses database, mengubah, memanipulasi, menggabungkan, menghapus, dan masih banyak lainnya.


Beberapa perusahaan besar pun telah menggunakan bahasa SQL untuk memudahkan dalam pengelolaan databasenya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa operasi yang umum digunakan dalam bahasa SQL.


1. Operasi Logika

Operasi logika merupakan suatu operasi yang berisi dari kombinasi variabel biner yang berupa input maupun output dari suatu sistem. Operasi logika ini mengikuti hukum aljabar Boolean. Terdapat tiga dasar operasi logika, yaitu operasi not atau negation, operasi and, dan operasi or.


Operasi logika pun bermacam-macam dapat digunakan sesuai kebutuhan, yaitu seperti and (&), and equals (&=), or( | ), or equals ( |= ), exclusive or ( ^ ), exclusive or equals ( ^= ), dan not ( ~ ).

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Operasi Aritmatika

Operasi aritmatika adalah operasi dasar yang biasa digunakan oleh programmer bahasa pemrograman apapun. Operasi aritmatika dasar antara lain seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya. Operasi ini tentunya sangat membantu pengguna dalam menghitung atau mencari nilai tertentu.


Dari operasi dasar tersebut juga bisa dikembangkan menjadi operasi aritmatika lainnya seperti akar kuadrat, presentasi, fungsi logaritma, eksponensial, dan masih banyak lainnya. Berikut contoh penggunaan operasi aritmatika.

SQL


3. Operasi Gabungan 

Operasi gabungan merupakan suatu operasi yang berguna untuk melakukan penggabungan operasi dengan cara menetapkan nilai asli ke hasil operasi. Misalnya variabel A sama dengan 10, lalu kita menggunakan tambahan penugasan A += 3, maka output yang nantinya akan muncul adalah 13.


Terdapat beberapa macam operasi gabungan yang dapat digunakan di SQL. Perhatikan gambar berikut ini.

SQL


4. Operasi Perbandingan

Operasi perbandingan merupakan suatu operasi yang digunakan untuk membandingkan dua nilai dan menguji apakah keduanya sama. Jenis data ini adalah boolean, yang memiliki tiga nilai yaitu TRUE, FALSE dan UNKNOWN. Operasi ini akan sering kita jumpai dalam perhitungan yang melibatkan lebih dari satu nilai.


Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui beberapa operasi perbandingan yang dapat digunakan.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Operasi dasar dalam SQL merupakan suatu bagian yang perlu dipelajari saat ingin mulai belajar SQL. Ketika mengakses database adakalanya kita akan membutuhkan berbagai operasi tersebut. Dasar-dasar SQL lainnya dapat dipelajari di dalam modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login