TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 57 Menit 24 Detik 

Yuk Kenali Contoh Sumber Data Sekunder Gratis di Sekitar Kita

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/25f9f7932ab919180d4f8f9bdac4e005_x_Thumbnail800.png

Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh orang lain dari sumber primer untuk suatu tujuan tertentu kemudian digunakan kembali oleh orang lain. Data sekunder merupakan jenis data historis karena dikumpulkan di masa lalu. Cara mendapatkan data sekunder sangat beragam, salah satunya adalah ketika seseorang mengumpulkan data untuk tujuan tertentu kemudian mempublishnya sehingga semua orang dapat mengakses data tersebut. Selain data yang dikumpulkan oleh orang lain untuk tujuan tertentu, data sekunder juga bisa diambil dari data yang dikumpulkan untuk digunakan secara umum, seperti data sensus. 


Dalam dunia statistik, dilihat dari sumbernya data dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Kedua jenis data ini sama sama berguna dalam penelitian dan ilmu statistik. Ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan data primer dan sekunder, salah satunya adalah teknik pengumpulan data. Jika data primer membutuhkan teknik khusus dan harus memperhatikan proporsi sampel, lain halnya dengan data sekunder yang proses pengumpulannya terbilang lebih mudah, singkat, dan hemat. Sumber pengambilan datanya pun berbeda. Sumber data sekunder lebih mudah ditemukan karena sebagian besar berada di sekitar kita dan lebih mudah diakses. Pada artikel kali ini kita akan membahas sumber data sekunder yang dapat diakses secara gratis namun tetap terpercaya. Penasaran apa saja sumber data tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Jurnal

Jurnal merupakan salah satu sumber data sekunder yang dapat dipertanggungjawabkan. Saat ini akses jurnal sangat mudah karena sudah ada media internet. Meningkatnya Internet of Things juga menyebabkan publikasi jurnal ke internet semakin masif. Bahkan saat ini jurnal tidak hanya bisa diakses dalam bentuk hardcopy tetapi juga sudah banyak jurnal softcopy atau biasa dikenal dengan e-journal. Internet of Things juga menyebabkan banyaknya platform journal publisher sehingga jangkauan publikasi jurnal lebih luas. Selain itu, jurnal termasuk sumber data yang mengandung informasi valid karena jurnal  dimutakhirkan dan diterbitkan secara berkala. Jurnal merupakan sumber data sekunder yang berisi informasi yang lebih spesifik dalam hal penelitian karena setiap jurnal penelitian memiliki objek khusus yang diteliti.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Publikasi dari Pemerintah

Publikasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan merupakan sumber data sekunder yang penting dan data yang terkandung di dalamnya merupakan data yang otentik. Publikasi ini berisi informasi umum seperti sensus, data kesehatan, data pendidikan, dan lain sebagainya. Data-data ini dapat digunakan dalam bidang pemasaran, manajemen, humaniora, sosial, dan lain sebagainya. Data-data yang dikumpulkan oleh pemerintah bertujuan untuk membuat perencanaan yang tepat, pengalokasian data yang tepat sasaran, membuat prioritas proyek, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan data-data yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, kita bisa mengunduhnya pada website atau mengajukan permohonan data melalui surat.


3. Surat Kabar

Surat kabar merupakan salah satu sumber data sekunder yang terpercaya, terutama pada zaman dulu sebelum teknologi berkembang sangat pesat. Data yang ada di dalamnya pun termasuk ke dalam data otentik. Informasi yang ada pada surat kabar biasanya mengenai politik, ekonomi, pendidikan, dan sesuatu yang berhubungan dengan sosial. Surat kabar ini tidak hanya bisa diakses secara fisik, tetapi juga bisa diakses melalui internet. Namun, dengan merebaknya kasus informasi hoax di surat kabar, kita harus berhati-hati dalam menerima informasi dari surat kabar.


4. Website Perusahaan

Website perusahaan masuk ke dalam sumber data sekunder yang cukup diperhitungkan. Namun data yang tersedia pada website perusahaan masih sangat terbatas karena biasanya hanya berisi kegiatan perusahaan. Namun apabila data dari beberapa perusahaan digabungkan bisa menjadi informasi yang powerful dan berguna bagi suatu penelitian. 


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Tools Pengolah Data Sekunder

Dalam dunia industri, banyak jenis tools yang bisa digunakan untuk mengolah data terutama data sekunder, seperti excel, SPSS, hingga bahasa pemrograman seperti R dan Python. Yuk belajar tools pengolah data sekunder bersama DQLab! Cukup sign up atau  klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis dari DQLab sebagai pengenalan tools pengolah data yang biasa digunakan di berbagai sektor industri.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!