Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Kenali Lebih Dalam Teknik Analisis Data Kuantitatif

Belajar Data Science di Rumah 11-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5b64fb1c733d6afbb423fd16cebdccf0_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data adalah metode yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang bisa digunakan. Secara umum, jenis teknik analisis data terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif tentunya digunakan untuk penelitian kuantitatif yang menggunakan data kuantitatif, begitu pula pada teknik analisis data kualitatif yang digunakan untuk penelitian kualitatif. Penerapan atau pemilihan teknik analisis data ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena akan sangat mempengaruhi hasil analisis.


Analisis data adalah salah satu langkah penting dalam penelitian, yaitu proses mengolah data menjadi informasi. Tujuan dilakukannya analisis data ini salah satunya adalah agar mengetahui karakteristik data sehingga lebih bisa dimengerti dan dapat diolah menjadi informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Untuk mengenal lebih dalam terkait teknik analisis data, pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenal lebih dalam terkait keduanya. Yuk, cek artikel DQLab berikut ini!


1. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data kuantitatif merupakan metode analisis data yang digunakan pada data kuantitatif, yaitu data yang berbasis angka dan dapat disajikan dalam bentuk angka serta bersifat numerik, atau data yang dapat dengan mudah diubah untuk menjadi angka tanpa menghilangkan makna apapun. Data yang dianalisis dapat berupa data statistik, data hasil survei, data perusahaan, dan lain-lain. Teknik analisis data kuantitatif ini terbagi menjadi dua, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.


teknik analisis data


Baca juga: Teknik Analisis Data yang Pemula Wajib Coba


2. Statistik Deskriptif 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa teknik analisis data kuantitatif terbagi menjadi statistik deskriptif dan statistik inferensial. Ya, memang teknik kuantitatif ini tidak terlepas dari perhitungan statistik, baik secara mendasar maupun lebih mendalam. Pada statistik deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data dan tidak bertujuan membuat kesimpulan untuk seluruh populasi, akan tetapi menggambarkan secara umum terkait data yang digunakan. Contoh statistik deskriptif yang dapat digunakan antara lain nilai mean, nilai median, simpangan baku, varians, kecekungan, dll.


teknik analisis data


3. Statistik Inferensial

Berbeda dengan statistik deskriptif yang bertujuan tidak mengambil kesimpulan, pada statistik inferensial justru sebaliknya yaitu bertujuan mengambil kesimpulan yang dapat digunakan secara umum. Analisis ini dapat ditujukan untuk membuat prediksi terkait apa yang akan terjadi di dunia nyata. Pada statistik inferensial ini perlu menggunakan sampel yang benar-benar mewakili populasi. Beberapa contoh statistik inferensial yang sering digunakan antara lain seperti uji-T, ANOVA, analisis korelasi, analisis regresi, dll. 


teknik analisis data


4. Cara Memilih Teknik Analisis Data Kuantitatif

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknik analisis data kuantitatif memiliki berbagai macam metode atau statistik uji yang dapat digunakan. Untuk menentukan teknik yang tepat untuk digunakan dapat dipertimbangkan berdasarkan beberapa faktor berikut ini, yaitu:

  • jenis data kuantitatif yang digunakan, apakah data nominal, ordinal, interval atau rasio .

  • pertanyaan dan hipotesis penelitian, hal ini tentunya sangat penting untuk menentukan serta memperjelas tujuan dan sasaran penelitian.


teknik analisis data


Baca juga: Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Kenali Dasar Teknik Analisis Data bersama DQLab!

Teknik analisis data merupakan langkah penting dalam kegiatan penelitian, terdapat beberapa teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Untuk mengenali dasar-dasar teknik analisis data kita bisa sama-sama belajar di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!