[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 53 Menit 55 Detik 

Yuk, Kenali Serba-serbi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0982205af1357756fb49efaed40f80f3_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah salah satu profesi dalam bidang data yang bertugas menganalisis data menggunakan bantuan algoritma machine learning. Selain data scientist, masih ada lagi profesi data analyst, data engineer, data entry, dll. Berbagai profesi dalam bidang data ini dapat dikatakan saling berkaitan. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak terlalu jeli terhadap dunia teknologi atau dunia data, profesi ini masih sedikit terdengar asing. Namun, bagi orang yang sudah mengenal dunia data dengan baik, berbagai profesi data ini sudah sangat populer dibicarakan


Data scientist dapat dikatakan sebagai profesi yang tidak mudah namun tidak sulit juga untuk ditekuni. Namun yang perlu kalian ketahui adalah profesi ini tidak hanya untuk orang yang memiliki latar belakang pendidikan IT saja loh, akan tetapi latar pendidkan apa salaj memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dalam profesi ini tentunya dengan syarat memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada. Dengan berbekal skill-skill yang diperlukan tentunya akan memudahkan pekerjaan kita.


1. Tugas dan Tanggung Jawab

Setiap profesi yang dikerjakan memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Begitu pula dengan data scientist, seperti namanya maka profesi ini secara garis besar bertugas dalam bidang data. Beberapa tugas dan tanggung jawab data scientist antara lain menganalisis database perusahaan, menggunakan model prediksi, mengembangakan pengujian kualitas model, berkoordinasi dengan tim lain, berkoordinasi dengan tim bisnis, melihat peluang bisnis, membersihkan dan memproses big data, mengoptimalkan penggunaan machine learning, dll.

Data Scientist


Baca Juga : Jangan Salah! Ini dia Perbedaan Data Scientist, Data Analyst & Data Engineer


2. Tools Pendukung

Data scientist memerlukan tools pendukung dalam menjalankan tugasnya. Data scientist bertugas menganalisis data. Oleh karena itu data scientist memiliki beberapa tools pendukung untuk membantu proses analisis data. Ada tools yang digunakan untuk proses analisis data, proses visualisasi data, dll. Beberapa tools pendukung antara lain seperti Tableau, Domo, Looker, Python, R, Sisense, Knime, Excel, SQL, RapidMiner, Xplenty, C, C++, Java, dan masih banyak lainnya.

Data Scientist


3. Skill yang Diperlukan

Ketika akan menekuni sebuah profesi yang diinginkan tentunya memiliki beberapa kualifikasi yang sesuai dengan profesi tertentu. Untuk menjadi data scientist, seseorang perlu memiliki softskill dan hardskill yang sesuai. Hardskill yang perlu dimiliki antara lain memahami matematika dan statistika dasar, memahami tools analisis, memahami analisis statistika, data mining, memiliki kemampuan programming, dll. Adapun soft skill yang perlu dimiliki seperti memiliki intuisi terhadap data, detail dan teliti, memiliki ketajaman bisnis, komunikasi yang baik, mampu berpikir kritis dan bisa bekerja sama dengan tim.

Data Scientist


4. Tips Menjadi Data Scientist

Saat ini data scientist telah diminati dari berbagai kalangan usia dan berbagai latar belakang pendidikan, sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang yang belajar menjadi data scientist secara otodidak. Untuk memudahkannya, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mempermudah jalan menjadi data scientist yaitu; memahami ilmu matematika dan statistik sebagai salah satu dasar data science, memahami bahasa pemrograman, mengembangkan kemampuan coding, berlatih menggunakan database, menguasai presentasi data, belajar membuat visualisasi data, memperdalam ilmu bisnis, mengikuti pelatihan data science, dan lain-lain.

Data Scientist


Baca Juga : 3 Perbedaan Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer


5. Yuk, Gabung Menjadi Data Scientist dengan Belajar di DQLab!

Data scientist saat  ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh para milenial. Kesempatan menjadi data scientist tidak hanya untuk kamu yang latar belakang pendidikan IT loh, tapi data scientist terbuka bagi semua jurusan dengan syarat kam menguasai materinya. Materi dasar data scientist dapat kamu pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!