SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 3 Menit 12 Detik

Yuk, Mengenal Tutorial Ragam Fungsi Excel

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2-2023-07-28-212249_x_Thumbnail800.jpg

Diantara kalian mungkin sudah tidak asing bahkan sudah mengenal dengan yang namanya Microsoft Excel. Microsoft excel ini juga dikenal memiliki banyak sekali rumus di dalamnya dan dapat digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan kalian. Excel ini salah satu software yang sangat membantu untuk para penggunanya sebagai alat menghitung, menganalisis, dan juga merepresentasikan data. Excel juga memiliki banyak sekali fungsi di dalamnya seperti untuk mengolah data, perhitungan aritmatika, visualisasi data, dan lain sebagainya.


Dengan adanya perkembangan teknologi ini, membuat berbagai bidang terkena dampaknya tidak terkecuali bidang data. Pada bidang data sendiri, perkembangan teknologi ini menjadikan data yang dihasilkan setiap harinya menjadi besar dan juga lebih cepat dibanding sebelumnya. Data-data ini harus dianalisis lebih lanjut untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan excel ini untuk mengolah dan juga menganalisis data milik perusahaan. Terlebih lagi excel ini memiliki banyak sekali fungsi. Kalian penasaran apa saja rumus yang sering digunakan oleh para penggunanya? Yuk simak artikel di bawah ini!


1. Fungsi Date

Fungsi yang cukup sering digunakan oleh para pengguna microsoft excel ini adalah fungsi date. Fungsi date ini digunakan untuk mengembalikan seri berurutan angka yang menyatakan tanggal tertentu. Fungsi ini sangat berguna pada saat ketika hari, bulan, dan tahun diberikan oleh rumus ataupun referensi sel. Kalian bisa menggunakan fungsi DATEIF untuk menghitung jumlah hari, bulan, maupun tahun di antara dua tanggal. Untuk sintaks dari fungsi ini seperti di bawah ini:


=DATE(Year;Month;Day)

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


2. Fungsi Match

Fungsi Match merupakan fungsi excel yang digunakan untuk mencari posisi sebuah nilai pada suatu range yang ada pada sebuah kolom maupun baris, tapi tidak keduanya. Dengan kata lain fungsi MATCH ini mencari item tertentu dalam rentang sel yang kemudian akan menghasilkan posisi relatif pada item tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh di bawah ini untuk penulisan sintaks dan juga hasilnya:


3. Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi pada microsoft excel yang biasa digunakan untuk mencari data dalam kolom pertama sebuah tabel data, yang kemudian dalam mengambil maupun menghasilkan nilai dari sel manapun pada baris yang sama dalam tabel data. Dengan menggunakan rumus VLOOKUP ini kalian bisa mengisi data pada sebuah tabel dengan berdasarkan data pada tabel referensi lainnya dengan mengacu pada nilai yang spesifik. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh di bawah ini:

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Fungsi Choose Excel

Fungsi selanjutnya adalah fungsi Choose. Fungsi choose ini digunakan untuk memilih salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang akan diberikan dengan berdasarkan nomor dari indeks atau urutan tertentu. Fungsi ini hampir mirip dengan fungsi index pada excel yang dimana keduanya akan menghasilkan nilai dengan berdasarkan informasi dari indeks nomor tertentu. Perbedaan keduanya adalah index number pada fungsi index adalah informasi nomor kolom dan juga baris, sedangkan untuk fungsi choose sendiri index number ini adalah nomor urut dari list argument nilai atau range yang sudah diberikan. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa lihat contoh di bawah ini:

Excel


Untuk rumus yang dipakai pada contoh ini akan menjalankan fungsi SUM untuk range C1:D6, yang akan menghasilkan nilai 160.


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Excel


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel untuk nikmati pengalaman belajar intensif yang seru dan menyenangkan! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login