FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 9 Menit 21 Detik 

Yuk, Pahami Cara Download Python dan Penggunaannya

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/77e1e8b929af020dcac851bfe21ae0b0_x_Thumbnail800.png

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengolah data. Selain untuk mengolah data, python juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi, membuat web, dan masih banyak lainnya. Sebagian besar orang memilih bahasa python dikarenakan bahasa python dikenal tidak rumit, sederhana dan cukup mudah dipahami. Sebelum mengetahui penggunaan python, yuk ketahui terlebih dahulu cara download python!


Python merupakan bahasa pemrograman yang open source, artinya kita tidak perlu membeli lisensi jika ingin menggunakannya. Hampir sama seperti software open source lainnya, cara mendownload python pun cukup mudah sehingga dapat meningkatkan minat belajar seseorang. Seringkali kita menjumpai kejadian seseorang enggan untuk belajar bahasa pemrograman dikarenakan tidak ingin mengalami keribetan ketika mendownload dan menginstall software. Lalu kira-kira bagaimana kah cara mendownload dan menggunakan python?


1. Mengapa Bahasa Python

Seperti yang kita ketahui dari berbagai artikel sebelumnya bahwa para data scientist dapat menggunakan bahasa pemrograman. Lalu mengapa bahasa python yang sering digunakan? Jawabannya tentunya bukan tanpa alasan, python dipilih karena memiliki beberapa kelebihan seperti mudah dipelajari, sederhana, serbaguna, portable, open source, cepat, library yang sangat banyak dan sangat populer. Python pun telah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Instagram, dll. Selain itu python pun dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti windows, linux, mac os, virtual machine java, dll.


Baca Juga:  Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Cara Download Python

Bagaimana teman-teman, sudah mantap bukan untuk menggunakan bahasa python sebagai langkah awal menjadi data scientist? Selanjutnya, akan diberikan tips atau cara download python dengan mudah sebagai berikut:

  1. download installer python di situs  https://www.python.org/download

  2. pilih versi yang anda inginkan

  3. klik "download", setelah selesai masuk ke folder tempat python di download lalu klik 2 kali

  4. setelah di klik 2x maka akan muncul sebuah kotak dialog, klik "run"

  5. muncul kotak dialog lagi, pilih "install for all users"

  6. muncul kotak dialog lagi, klik "next"

  7. pastikan program telah terinstall, klik "next"

  8. scroll ke bawah lalu pilih "add python.exe to path"

  9. tunggu sampai selesai.


3. Pengenalan Pemrograman Python

Python merupakan bahasa yang dieksekusi secara baris per baris, artinya jika ada kesalahan dalam suatu baris maka program akan berhenti sampai disitu. Untuk menjalankan python kita dapat menggunakan program command prompt (cmd) di windows dengan cara klik menu "Start" > pilih "All Programs" > pilih folder "Accessories" > klik "Command Prompt". Setelah muncul jendela command prompt dan terdapat tanda ">>>" maka artinya python sudah dapat digunakan. Selanjutnya selain menggunakan cmd, python dapat pula dijalankan menggunakan program IDLE yang merupakan bawaan python.Salah satu kelebihan menggunakan IDLE adalah jika perintah diketikkan dalam python maka outputnya akan langsung keluar. Adapun langkah menjalankan IDLE adalah klik menu "Start" > pilih "All Programs" > pilih "Python34" > klik "IDLE (Python 3.4 GUI - 32 bit). Setelah itu akan muncul jendela IDLE yang interaktif dan sudah siap digunakan.


4. Editor Kode dan Python IDE

IDE (Integrated Development Environment) merupakan program komputer yang diperlukan oleh developer untuk membangun aplikasi atau website. Setiap IDE memiliki tools yang berbeda dan berisi editor kode untuk menulis kode. Adapun editor kode hampir mirip seperti IDE namun lebih ringan, Editor kode berisi tools untuk menulis kode dengan menyorot sintaks otomatis serta tidak berisi tools se kompleks IDE.Beberapa python IDE dan editor kode yang sering digunakan antara lain Pycharm, Pydev, Visual Studio Code, Atom IDE, IDLE, Spyder, Thonny, Sublime Text, Vim, GNU Emacs, dll.


Baca Juga : Apa Saja Tutorial Python Dasar? Yuk Simak Versi DQLab


5. Yuk, Mulai Belajar Python di DQLab

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist, data analyst dan data engineer. Untuk kalian yang sama sekali belum mengerti mengenai bahasa pemrograman Python, kalian bisa mulai belajar secara online di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :