Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk Pahami Kelebihan dan Kekurangan dari Big Data Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf8ab4ef54a3eb4f86a6baac1560a101_x_Thumbnail800.png

Perkembangan zaman merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Setiap harinya akan selalu ada teknologi-teknologi yang baru dengan maksud mempermudah hidup kita. Salah satu teknologi yang sangat penting adalah big data. Konsep big data mungkin belum banyak dipahami, tapi manfaat big data telah banyak dirasakan, terutama bagi pengguna internet yang setiap saat mengakses informasi secara online.


Big data analytics adalah penggunaan teknik analisis tingkat lanjut terhadap kumpulan data besar yang sangat besar dan beragam yang mencakup data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur, dari berbagai sumber, dan dalam ukuran berbeda dari terabyte hingga zettabytes. Big Data Analytics menawarkan sumber wawasan bisnis dan informasi yang hampir tak ada habisnya, yang dapat mengarah pada peningkatan operasional dan peluang baru bagi perusahaan untuk memberikan pendapatan yang belum direalisasi di hampir setiap industri.  


1. Apa itu Big Data?

Big Data adalah kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, terutama dari sumber data baru. Set data ini sangat banyak sehingga software pemrosesan data tradisional tidak dapat mengelolanya. Namun, sejumlah besar data ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak dapat kamu tangani. Salah satu penjelasan paling mudah dimengerti tentang data adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang lebih baik. Big Data bisa dibilang sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mengerti jumlah data yang cukup besar yang datang setiap harinya.


Aspek yang paling penting dari big data sebenarnya bukan sekedar pada berapa besarnya data yang bisa disimpan dan diolah, akan tetapi kegunaan atau nilai tambah apa yang dapat diperoleh dari data tersebut. Jika kita tidak dapat mengekstrak nilai tambah tersebut, maka data hanya akan menjadi sampah yang tidak berguna. Nilai tambah ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti meningkatkan kelancaran operasional, ketepatan penjualan, peningkatan kualitas layanan, prediksi atau proyeksi pasar, dan lain sebagainya.


Dalam bidang informatika dikenal sebuah istilah “Garbage in Garbage out” atau masukan sampah akan menghasilkan keluaran sampah juga. Maksudnya adalah jika masukan yang kita berikan ke sistem adalah input berkualitas rendah, maka kualitas outputnya tentu akan rendah juga. Input yang dimaksud di sini adalah data. Untuk itu, memastikan kualitas input maupun output dalam setiap tahap pengolahan data untuk mendapatkan keluaran akhir yang berkualitas adalah sebuah keharusan dalam implementasi big data.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Kelebihan Big Data

Big data memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang cukup penting dalam proses pengembangan dan penyempurnaan sebuah strategi-strategi yang akan digunakan oleh perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi terkait dengan big data:

  • Mengetahui Tingkat Kesuksesan Strategi Secara Real TIme

    Data yang ditampilkan dapat dijadikan bahan untuk menganalisa penyebab dari suatu permasalahan yang terjadi di dalam sistem secara real-time. Artinya, jika dimanfaatkan dengan benar, Big Data akan mempercepat kita untuk mengambil tindakan sebelum kegagalan sistem menjadi semakin parah.

  • Mendeteksi Anomali dalam Bisnis

    Analisa terhadap Big Data dapat membantumu dalam mendeteksi secara cepat dan tepat, bentuk atau proses kegiatan yang menyimpang (anomali) dari sisi teknis maupun non teknis. Selain itu, Big data juga dapat menyarankan opsi untuk mengatasi anomali tersebut.

  • Meningkatkan Sales

    Untuk mengetahui dan menilai produk-produk seperti apa yang perlu diciptakan dan di produksi oleh perusahaan agar konsumen menyukai dan membeli produk yang dibuat perusahaan, perusahaan memerlukan beberapa data. Biasanya data yang bisa digunakan untuk meningkatkan sales perusahaan, di antaranya apa yang disukai, siapa yang disukai, bagaimana perasaan saya, berada dimana saya, bersama siapa saya, apa yang telah saya beli, apa saja yang ingin saya beli, mimpi apa yang ingin saya miliki, dan hal-hal lainnya.


3. Kekurangan Big Data

Tidak ada teknologi yang paling sempurna di dunia ini, setiap harinya teknologi akan terus berkembang. Big data pula begitu, walaupun memiliki banyak sekali kelebihan yang ada akibat big data, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh big data antara lain :

  • Isu privasi

    Para pelanggan yang akan cukup concern dengan privasi dan keamanan data pribadi mungkin akan terganggu oleh pengumpulan informasi oleh sistem Big Data. Terbukti dari beberapa kasus kebocoran data yang menimpa perusahaan besar seperti Yahoo!, Facebook, dan Tokopedia terkait pelanggaran data.


    Saat ini undang-undang privasi data pun sudah semakin ketat. Bisnis yang menerapkan sistem big data pun mulai mempertimbangkan protokol, proses serta infrastruktur data untuk melindungi data dan mengurangi risiko keamanan.


  • Struktur data tidak fleksibel

    Masalah yang sering muncul adalah struktur data yang tidak fleksibel. Struktur  data yang dijalankan dan dioperasikan pada teknologi big data pada umum nya sangat memperhatikan efektivitas dan efisiensi sebuah pemrosesan yang nanti nya akan kita buktikan dan mudah kita lakukan.

    Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


    4. Belajar Mengolah Big Data Bersama DQLab

    DQLab merupakan pusat belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi Kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang  mahir dalam dibidangnya. Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.


    Mulai belajar bersama DQLab dengan sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif agar kamu siap bersaing di industri nyata. Selamat belajar Sahabat Data DQLab!





    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!