Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Yuk, Pelajari Macam-macam Skill Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 22-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-1-2023-08-22-210511_x_Thumbnail800.jpg

Dapat kita ketahui bersama bahwa teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat dan juga semakin canggih. Dengan adanya hal ini membuat banyak sekali lapangan pekerjaan dibidang teknologi salah satunya adalah profesi di bidang data seperti data scientist, data engineer, dan juga data analysis. Bicara tentang data engineer, masih ada banyak orang yang belum memahami apa itu data engineer, tugas dan tanggung jawabnya dan juga skill-skill yang harus dimiliki oleh data engineer yang perlu diketahui.


Data engineer adalah salah satu profesi bidang data yang memiliki tanggung jawab dalam hal infrastruktur data, mengumpulkan data, mengembangkan data, dan memelihara data. Data engineer juga bekerja sama dengan praktisi data lainnya seperti data analyst dan juga data scientist. Untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang data engineer memerlukan skill yang perlu dikuasai. Apa saja itu? Mari kita simak pembahasannya!


1. Memahami Bahasa Pemrograman Dasar

Seorang data engineer harus mampu memahami dan juga menguasai bahasa pemrograman. Hal ini karena, skill programming sangat dibutuhkan untuk mengakses dan juga memanipulasi data. Ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu dipahami seperti SQL, Python, Java, dan juga Scala. Dengan memahami bahasa pemrograman ini data engineer dapat mengakses database, mengambil data dalam database, menjalankan query, dan juga menghapus data dalam database.

data engineer

Credit by 1000 Logos


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memahami ETL

ETL atau singkatan dari Extract, Transfer, dan Load adalah dasar dari pengolahan data. ETL ini adalah proses integrasi data yang menggabungkan data dari berbagai sumber, yang kemudian disimpan ke dalam warehouse atau platform cloud service. ETL tools yang cukup populer di kalangan data engineer adalah Amazon Redshift, BigQuery, Tableau, Apache Airflow, dan lain sebagainya.


3. API

API atau Application Programming Interface adalah interface perantara yang menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk mengakses data. Data engineer memiliki tugas untuk membangun API ini dalam basis data agar data scientist dan juga BI atau business intelligence analyst dapat melakukan query data. API ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai bahasa pemrograman. 

data engineer

Credit by Freepik


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Memiliki Pengetahuan Akan Machine Learning

Machine Learning menjadi salah satu skill yang perlu diketahui oleh seorang data engineer. Data engineer ini memerlukan pengetahuan dasar mengenai machine learning untuk bisa memahami kebutuhan data scientist dan juga perusahaan. Algoritma machine learning akan membantu data scientist membuat prediksi dengan berdasarkan data terkini dan historis. Dalam pekerjaannya ini, seorang data engineer akan mengambil model yang sudah dikembangkan oleh ilmuwan data dan mengubahnya menjadi sistem produksi langsung. Tools yang bisa membantu data engineer dalam machine learning ini adalah seperti Microsoft Azure, Amazon SageMaker, dan juga Google Cloud ML.

data engineer

Credit by Forbes


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login